Kami adalah perusahaan nasional yang berpengalaman hampir 40 tahun dalam konsultasi, jasa, perencanaan dan penyediaan untuk hydraulic.

Contacts
hydraulic system

Apa itu hydraulic system? Hydraulic system atau sistem hidrolik merupakan suatu komponen penggerak yang mengacu pada fluida hidraulik (biasanya oli) dan digerakkan oleh pompa. Bagi pengguna alat berat, sistem tersebut tentu sudah sangat familiar. Berkat kehadiran sistem hidrolik, produktivitas semakin efisien dan efektif. Umumnya, sistem hidrolik sangat mudah ditemukan pada alat berat seperti excavator, bulldozer, crane, forklift, dump truck, dan masih banyak jenis lainnya.

Secara keseluruhan, hidrolik menjadi piranti sistem yang populer digunakan pada alat berat sebab terdapat beberapa keuntungan, salah satunya dapat mengangkat beban material hingga beratnya menbcapai ratusan kilogram.

Pengertian Hydraulic System Lengkap

Bahas sistem hidrolik secara lengkap disini.

Secara umum, hydraulic system atau sistem hidrolik merupakan suatu komponen penggerak yang mengacu pada fluida hidraulik. Fluida umumnya berupa liquid yakni oli. Fluida terlebih dahulu diubah pada pompa hidrolik untuk menghasilkan tekanan pada mesin hidrolik.

Secara sederhana, hydraulic system merupakan sebuah rangkaian komponen yang bekerja dengan menggunakan fluida bersifat liquid (cair). Bahan cair inilah yang dapat mengubah menjadi daya energi dalam menjalankan mesin. Oleh sebab itu dalam kinerjanya hanya menggunakan poros maju dan mundur atau gerakan putaran satu arah.

hydraulic system
skema alur proses hydraulic system

Dengan kata lain, sistem hidrolik membutuhkan tenaga oli atau cairan fluida untuk menggerakkan komponen mesin. Nah, oli yang digunakan harus memiliki standar terbaik dan memiliki kandungan SAE tepat sesuai spesifikasi mesin. Hal ini bertujuan agar tenaga yang dihasilkan dapat maksimal menggerakkan attachment atau part mesin.

Hydraulic system berarti mekanisme pemindahan tenaga menggunakan media zat cair berupa fluida. Dalam sistem ini, diterapkan hukum Pascal yang mempunyai istilah “Tekanan yang diberikan pada zat cair di ruang tertutup, maka akan diteruskan ke segala arah”.

Seperti ini gambarannya. Simak dibawah ini.

Cobalah untuk memvisualisasikan selang air dengan sebuah kran. Jika selang air yang dihubungkan dalam sebuah kran, lalu kran itu dinyalakan maka air yang keluar dari ujung selang itu memiliki kecepatan dan daya semprot yang sama dengan air yang keluar dari kran. Seperti itulah sekilas gambaran sederhana tentang pengaplikasian dari hukum Pascal.

Keuntungan Menggunakan Hydraulic System

Sudah tahu keuntungan menggunakan sistem hidrolik?

Seperti yang telah diulas sebelumnya, bahwa hidrolik memiliki beberapa keuntungan yang dinilai memberikan imbas yang cukup besar bagi penggunanya. Maka tidak heran bila alat berat sistem hidrolik menjadi komponen wajib bagi pengguna sektor industri maupun pertambangan demi mewujudkan produktivitas kerja yang semakin baik.

Berikut beberapa keuntungan menggunakan sistem hidrolik, diantaranya;

1. Dengan input yang kecil mampu mengangkat beban lebih berat

2. Hampir tidak memiliki kerugian tenaga.

3. Sangat fleksibel, karena sifat zat cair mampu menyesuaikan segala tempat.

Cara Mudah Melakukan Perawatan Hydraulic System

Sebagus apapun merek produk yang dipakai, pastinya membutuhkan perawatan secara berkala. Hal ini bertujuan untuk mencegah atau meminimalisir berbagai kerusakan yang kemungkinan terjadi lebih cepat.

Berikut beberapa cara mudah melakukan perawatan hydraulic system, diantaranya;

1. Cek Mesin Sebelum Dioperasikan

Jangan terburu-buru dalam mengoperasikan mesin. Ada baiknya mesin maupun kendaraan dilakukan pengecekan terlebih dahulu, yakni minimal lakukan pemanasan mesin hingga 5 menit. Perhatikan adakah suara bising atau lainnya yang sekiranya menganggu.

2. Ganti Selang Hidrolik

Salah satu perawatan sistem hidrolik yakni dengan memperhatikan life time hose hydraulic secara berkala. Umumnya, pergantian hose dilakukan ketika menempuh rentang 3 hingga 6 bulan. pastikan anda mengganti hose hydraulic tepat pada waktunya. Hal ini bertujuan untuk mencegah kebocoran dari hose sebab getas oleh suhu dan cuaca.

Beli selang hidrolik pastikan melalui distributor resmi terpercaya.

3. Perhatikan Kualitas Oli Hidrolik

Seperti yang sudah diulas sebelumnya, oli merupakan tenaga pada sistem hidrolik. Lambat laun, oli akan mengalami perubahan kualitas, baik dari warna maupun tingkat kejernihan. Semakin menurun kualitas oli, maka hal tersebut menjadi pertanda terang pengguna untuk segera mengganti oli hidrolik.

Sebaiknya, ganti oli hidrolik setiap mencapai kisaran 2500 jam kerja. Jangan lupa untuk menguras serta membersihkan tangki hidrolik agar oli baru terbebas dari berabgai partikel kerak kotoran dan debu lainnya.

4. Flushing Mesin Secara Berkala

Kesulitan dalam membersihkan noda bandel dalam oli dan tangki hidrolik?

Sudah saatnya pakai jasa flushing mesin hidrolik. Umumnya, layanan bengkel menggunakan standar ISO 4406 merupakan metode yang digunakan untuk menujukkan jumlah partikel kontaminan padat.

Agar hasil flushing dapat memberikan hasil terbaik, pastikan anda memilih layanan jasa flushing yang telah memiliki jejak pengalaman dalam menangani beragam mesin hidrolik.

5. Inspeksi Alat Berat Tambang

Salah satu cara terbaik dalam melakukan perawatan yakni menyadari bertapa pentingnya alat inspeksi pada alat berat tambang. Inspeksi hidrolik alat berat tersebut umumnya bervariasi, bisa harian, bulanan, hingga tahunan. Hal ini dilakukan guna mencegah kerusakan pada mesin dengan cepat.

Tidak hanya inspeksi, namun cara mudah merawat lainnya dengan memberikan produk hidrolik terbaik untuk kebutuhan mesin.

Cipta Hydropower Abadi sebagai distributor resmi telah berkiprah hampir 40 tahun spesialis dalam hydraulic & lubrication system. Telah mensupport berbagai jenis klien ternama baik industri, pertambangan, dan beberapa perusahaan manufaktur lainnya.

Selain layanan inspeksi alat berat tambang, Cipta Hydropower Abadi juga menghadirkan berbagai produk hidrolik super lengkap berikut ini;

Hydraulic hose, hose assembly, hydraulic pump, hydraulic filter, valve, ball valve, connection test, pressure gauge, fire suppression system, level gauge, breather filler, pipe clamp, seamless tube, fittings ferule, quick release coupling, flexible pipe coupling, diaphrgham pump, hose reel, hydraulic power unit, hydraulic main component, dll.

dan beragam layanan lainnya seperti;

-Flushing mesin hidrolik

-Komponen hidrolik

-Konsultasi, Instalasi, serta service

Tunggu apalagi,  konsultasikan permasalahan hidrolik hanya pada ahlinya!

Hubungi Cipta Hydropower Abadi melalui nomor WA 08111-77633 atau email [email protected]

Yuk baca ulasan seputar hidrolik lainnya hanya di Cipta Hydropower Abadi

×

Apa yang bisa kami bantu ?

×