Kami adalah perusahaan nasional yang berpengalaman hampir 40 tahun dalam konsultasi, jasa, perencanaan dan penyediaan untuk hydraulic.

Kontak
pompa hidrolik

bannerlayanan

Umumnya, suatu sistem hydraulic tidak akan bekerja dengan optimal tanpa adanya sebuah pompa hidrolik yang sering dimanfaatkan oleh sektor perindustian maupun pertambangan. Pompa ini merupakan komponen penting dalam sistem hidrolik. Tak ayal, kini sistem hidrolik memberikan keuntungan tersendiri dalam meringankan pekerjaan manusia, khususnya penggelut bisnis.

Sebelum mengulas pompa hidrolik lebih jauh, yuk kenali dulu definisi dari hidrolik.

bannerlayanan

Secara definisi, kata hidrolik berasal dari bahasa Greek. Tersusun dari kata hydro yang memiliki arti air dan aulos yang berarti sebuah pipa. Sistem ini lebih sering disebut sebagai sebuah penggerak yang saat ini dikenal dengan pompa.

Sistem hidrolik tersendiri merupakan suatu bentuk pemindahan daya dengan menggunakan media penghantar berupa fluida cair untuk memperoleh daya yang lebih besar dari daya awal yang dikeluarkan. Sistem hidrolik menerapkan hukum Pascal dan hukum Archimedes. Contoh sistem hidrolik paling sederhana yakni perangkat steam cuci mobil yang dapat mengangkat menjulang keatas.

Pengertian Pompa Hidrolik

Apa itu pompa hidrolik? Pompa hidrolik atau hydraulic pump merupakan komponen yang berguna mengubah energi mekanik jadi energi hidrolik. Alat tersebut sering dijumpai untuk mengangkat barang-barang berat. Dengan memanfaatkan sebuah energi, yang mana mengubah energi mekanik menjadi sebuah energi hidrolik.

Fungsinya tak lain sebagai sistem penggerak, khususnya dalam menggerakkan mesin aktuaktor. Untuk menggerakkan mesin tersebut, pompa hidrolik mendapat asupan dari fluida. Dalam pompa hydraulic berguna untuk mengubah sebuah energi mekanik menjadi sebuah energi dengan bertekanan cairan.

Komponen ini sering dibutuhkan pada sektor industri, otomotif, manufaktur, pertanian, pertambangan, hingga konstruksi dan tergolong produk jangka panjang, jadi lebih awet dan tahan lama jika dibandingkan dengan selang hidrolik pada umumnya.

Cara Kerja Pompa Hidrolik

Sudah tahu cara kerja hydraulic pump?

Cara kerja dimulai ketika piston ditarik. Saat piston ditarik, maka ruang yang berada di dalam pompa akan semakin luas. Ruangan yang semakin membesar mampu menciptakan tekanan yang sangat kecil atau rendah. Hal tersebut terjadi dikarenakan tekanan udara yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tekanan yang ada pada ruang pompa.

Ketika ruangan membesar, fluida secara otomatis masuk dalam ruang pompa. Kemudian akan masuk melalui check valve yang berada di saluran inlet. Ketika piston dilepas atau didorong masuk, secara langsung piston meneka fluida dan nantinya akan keluar dengan sendirinya.

Tekanan yang besar inilah yang membuat kondisi fluida atau cairan tersebut berusaha keluar. Sehingga dapat menghasilkan sebuah energi potensial. Dari cairan tersebut akan melalui berbagai hambatan yang terdapat pada rangkaian komponen sehingga menghasilkan sebuah tekanan dari fluida.

Baca juga: Kerusakan Pompa Hidrolik & Cara Mudah Mengatasinya

Fungsi Utama Pompa Hidrolik

Secara umum, fungsi dari hydraulic pump yakni sebagai komponen pemindahan energi dari satu sumber (fluida) untuk diubah menjadi tenaga hidrolik. Dengan terciptanya tenaga hidrolik, maka mesin dapat bekerja secara optimal.

Perlu anda ketahui, fluida tidak dapat bekerja bergitu saja tanpa sebuah sistem. Oleh sebab itu, pomp ahidrolik terdiri dari beragam komponen untuk menghisap aliran fluida hingga mengubahnya menjadi tenaga hidrolik bertekanan.

Secara garis besar, kegunaan dari pompa hidrolik yakni untuk menciptakan tenaga hidrolik dari fluida dengan menyesuaikan gaya mekanis yang dibutuhkan. Umumnya, alat ini akan menghasilkan dua  fungsi utama ketika sedang bekerja, selengkapnya sebagai berikut:

1. Flow

Ketika pompa hidrolik bekerja akan menghasilkan sebuah gerakan mekanis dengan menghisap fluida. Selanjutnya fluida dialirkan menuju ruang tekan pompa atau chamber. Sehingga dari sini fluida akan terdorong pada sistem mesin.

2. Kevakuman

Untuk menciptakan kevakuman dibutuhkan saluran inlet (hisap pompa). Dengan demikian fluida menjadi terdorong agar masuk kedalam sistem pompa hydraulic.

Jenis Pompa Hidrolik Lengkap

Sebab mesin terdiri dari berbagai tipe, demikian komponen pompa hidrolik juga menyesuaikan dari tipe mesin tersebut. Berikut ulasan jenis atau klasifikasi selengkapnya berikut ini.

  1. 1. Positive Displacement

Merupakan pompa dengan ruangan kerja yang secara periodik berubah dari besar ke kecil atau sebaliknya, selama pompa bekerja. Energi yang diberikan kepada cairan ialah energi potensial, sehingga cairan berpindah volume per volume

Karakteristik dari pompa jenis ini yakni memiliki internal leakage kecil. Hasilnya, pompa mempunyai tekanan yang berpengaruh kecil terhadap suatu kapasitas. Imbasnya dapat menahan bocor jika tekanan sedang posisi naik.

Berikut klasifikasinya;

a. Gear Pump

Sering disebut dengan jenis pompa roda gigi yang memiliki sistem praktis dan ekonomis. Merupakan jenis pompa yang paling banyak digunakan oleh pengguan industri sebab cocok digunakan untuk berbagai sistem. Memiliki dua jenis yakni internal gear pump dan eksternal gear pump.

b. Vane Pump

Umumnya vane pump memiliki dua output yakni fixed & variable. Secara mekanis, vane bergerak masuk dan keluar pada slot dalam rotor. Housing dalam vane pump berkerja untuk membantu membantu jalan kerjanya komponen lain dan mengarahkan flow masuk kedalam sistem.

c. Piston Pump

Piston juga terbagi menjadi dua jenis yaitu axial piston pump dan radial piston pump. Bedanya, axial piston bergerak dengan model lurus maju dan mundur secara paralel dengan merubah sudutnya sendiri. Dengan demikian maka flow dapat bekerja dengan optimal.

2. Non Positive Displacement

Sedangkan pompa jenis ini merupakan jenis pompa dengan volume ruang yang tidak berubah pada saat pompa bekerja. Sebab energi yang diberikan pada cairan adalah enersi kecepatan. Oleh sebab itu maka enersi dapat berpindah kecepatan lalu diubah menjadi enersi dinamis dalam sistem pompa.

Karakteristiknya internal leakage besar dan perubahan tekanan sangat berpengaruh besar terhadap kapasitasnya. Imbasnya memiliki efisiensi yang tergolong rendah sebab output pada flow turun secara drastis. Oleh sebab itu, pompa jenis ini lebih banyak digunakan pada aplikasi mesin yang memiliki tekanan rendah.

Komponen Pompa Hidrolik

Pada dasarnya, pompa hidrolik terdiri dari berbagai komponen mekanis penting agar berjalan lebih optimal. Berikut penjelasan selengkapnya dibawah ini;

1. Tangki Hidrolik

Tangki hidrolik merupakan sebuah wadah penampung yang menyimpan cairan hidrolis. Sebelum dialirkan, cairan akan tersimpan pada wadah tersebut. Tangki hidrolik juga memiliki peranan sebagai pendingin cairan yang disimpannya.

2. Katup Kontrol

Merupakan control valve yang berfungsi sebagai pengarah aliran fluida agar dapat dialirkan ke berbagai komponen yang membutuhkan cairan tersebut.

3. Katup Tekanan

Merupakan relief valve yang berfungsi sebagai pengontrol tekanan yang masuk pada sistem hidrolik. Dengan demikian, maka tekanan dapat diatur dengan mudah sehingga dapat mencegah kerusakan pada sistem.

4. Filter dan Aktuator

Filter merupakan penyaringan pada fluida. Bertujuan untuk menyaring kontaminan partikel kotoran agar tidak menghambat produksi tenaga hidrolik pada pompa. Dengan kata lain, filter merupakan alat kebersihan pada hidrolik.

Aktuaktor berguna sebagai pengontrol sistem hidrolik dalam mengubah energi hidrolik menjadi energi mekanis.

Mengetahui Kualitas Pompa Hidrolik

Secara keseluruhan, peranan pompa hidrolik dapat dibilang cukup krusial atau penting sebab dari sinilah energi potensial tercipta dengan optimal dalam menggerakkan mesin berukuran besar.

Hingga saat ini, peranan sebuah pompa hidrolik menjadi komponen wajib yang harus ditilik kualitasnya sebab imbasnya sangat berdampak besar bagi performa mesin hydraulic anda. Fungsi dari hydraulic pump yakni sebagai pengubah energi hydraulic berupa fluida menjadi energi berbentuk torsi.

Oleh sebab itu, jangan terburu-buru dalam menentukan kualitas produk hidrolik alat berat. Berfikir kritis dan bijak merupakan pondasi utama untuk menemukan produk pompa hydraulic dengan kualitas terbaik demi menciptakan performa yang optimal.

Sebelum memilih distributor resmi, ada baiknya anda mengetahui ciri ciri pompa hidrolik berkualitas berikut ini;

Merek Pompa Hidrolik Favorit

Sudah menemukan merek pompa terbaik?

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa jumlah merek sudah mencapai ratusan bahkan ribuan. Tentu tidak mudah dalam menentukan merek yang tepat untuk digunakan. Tipsnya, gunakan merek yang telah banyak digunakan oleh kalangan hidrolik. Namun dalam hal ini, ada baiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada ahlinya agar tidak terjebak pada merek abal-abal.

Menilik Produsen

Dibalik sebuah merek, tentu terdapat produsen yang memproduksi komponen tersebut. Setiap produsen memiliki material dan proses khusus untuk menciptkan kualitas sesuai versinya. Tipsnya, anda perlu meriset beberapa sample produsen hydraulic pump lalu tilik website, seberapa banyak produsen memiliki jaringan distributor resmi yang tersebar di seluruh negara.

Lihat Ulasan Produk

Selain menilik produk, tidak ada salahnya anda mengetahui ulasan pengguna produk. Biasanya, pengguna menuliskan ulasannya di berbagai situs woocommerce atau lapak online. Lihat seberapa puaskah terhadap produk? Ingat, fokuskan pada review produk.

Rekomendasi Merek Pompa Hidrolik Terbaik

Stop memilih pompa abal-abal alias tiruan. Menggunakan pompa dengan kualitas rendah justru dapat merenggut performa alat berat. Jangan sampai hal ini menimpa anda!

Jika ditilik lebih jauh, nyatanya hingga saat ini keberadaan merek komponen tersebut sudah mencapai ratusan bahkan ribuan. Apakah semua merek tersebut menghadirkan jaminan kualitas yang tepat untuk mesin hidrolik? Jawabannya tentu tidak.

Pastikan anda menggunakan produk merek dengan jaminan kualitas terbaik demi menunjang performa mesin hebat !

Cipta Hydropower Abadi punya solusinya. Pompa hydraulic dengan merek Rexroth asal teknologi Jerman.

Butuh filter elements ? Selengkapnya lihat disini

Rexroth Solusi Hadirkan Pompa Hidrolik Berkualitas

Merek Rexroth tersebut telah sukses menuai kontribusi yang besar bagi pengguna mesin hidrolik perusahaan ternama di berbagai negara, salah satunya Indonesia.

Rexroth dilengkapi dengan beragam aksesori pompa, yakni terdiri dari segel pengganti, katup pengaman, flensa pemasangan, braket, dan adaptor membuat pemasangan lebih mudah dan lebih cepat.

Selain itu, merek Rexroth juga cocok digunakan untuk berbagai jenis industri, pertambangan, dan teknologi.

Oleh sebab itu, tidak jarang banyak pengguna yang menjadikan produk Rexroth sebagai merek favorit untuk segala jenis mesin industri maupun pertambangan.

Distributor Resmi Pompa Hidrolik Terpercaya

Cipta Hydropower Abadi dapat menjadi solusi bagi kebutuhan bisnis terbaik anda, menghadirkan merek pompa hidrolik Rexroth terpercaya dan berkualitas terbaik.

Jangan khawatir, tim Hydropower akan melakukan instalasi jenis komponen hidrolik alat berat, termasuk hydraulic pump. Jadi, jangan takut salah dalam pemasangan.

Tidak hanya hydraulic pump, namun Cipta Hydropower Abadi juga menghadirkan berbagai macam kebutuhan hidrolik dan lubrikasi seperti selang hose, pipa, hose reel, presure gauges, dan masih banyak produk lainnya.

Harga Sebuah Pompa Hidrolik

Pada dasarnya, harga hydraulic pump bervariatif yang berlaku dipasaran dari yang murah hingga paling mahal sekalipun. Ingat, jangan terjebak pada harga murah sebelum anda menilik kualitas yang terrsematkan. Lantas apa perbedaannya?

Semakin mahal harga yang dipatok pada produk, umumnya hal tersebut dipengaruhi oleh material yang digunakan. Semakin berkualitas material tersebut, tentu harga ikut mempengaruhi produk. Lain halnya dengan harga murah. Harga dapat dibanderol murah sebab material yang digunakan tidak berkualitas serta proses pengerjaan tidak memenuhi standar. Alhasil terciptalah produk murah dengan kualitas abal-abal.

Harga pompa hidrolik yang berlaku dipasaran umumnya dipatok berkisar dari Rp 1 jutaan hingga Rp 50 jutaan berdasarkan merek dan spesifikasi pompa.

Lalu berapa harga Pompa Hidrolik Rexroth ?

Rexroth dipatok harga terjangkau, tentu tidak menguras dompet anda. Selain itu, anda juga mendapatkan pelayanan instalasi dan maintenance oleh ahlinya.

Konsultasikan hidrolik terbaik anda hanya pada ahlinya!

Semoga hadirnya artikel diatas dapat bermanfaat dan dijadikan solusi terpercaya untuk Anda demi menciptakan performa yang lebih optimal. Ulas seputar hidrolik lainnya hanya di Cipta Hydropower Abadi.

×

Apa yang bisa kami bantu ?

×