Mau Sewa Alat Berat ? Harus Tahu Kondisi Mesin Berikut Ini

sewa alat berat

Jangan sembarangan sewa alat berat , setidaknya anda harus mengetahui beberapa indikator kondisi mesin terbaik demi mewujudkan performa alat berat produksi secara efisien tanpa alami downtime.

Bagi sebagian pelaku bisnis, menyewa alat berat telah dijadikan opsi praktis demi menekan pengeluaran banyak dengan masa pakai waktu tertentu. Selain harga terjangkau, alat berat yang didapatkan sudah melalui perawatan berkala sehingga penyewa tidak perlu memikirkan service maupun bentuk perawatan.

Faktanya, tidak semua penyedia jasa sewa alat berat dapat menghadirkan kualitas alat berat yang terjamin.

Sebagai pengguna jasa, sudah seharusnya bersikap kritis dan bijak dalam memilih produk maupun layanan berkualitas. Namun, bagaimana caranya?

Tips Mudah Pilih Kondisi Mesin Sewa Alat Berat

Jangan terburu-buru membawa pulang alat berat yang hendak anda gunakan. Pastikan anda mengecek beberapa komponen berikut ini;

1. Cek Schedule Buku Preventive Maintenance

Tidak ada salahnya untuk meminta buku prevebtive maintenance kepada penyedia jasa. Dari sini, anda dapat mengetahui history atau riwayat kerusakan yang pernah dialami. Jika alat berat kerap alami kerusakan dalam jangka waktu dekat, maka sebaiknya anda perlu mencari rekomendasi penyedia jasa lainnya.

Baca Juga Ini Cek Tips Mudah Lakukan Perawatan Excavator Secara Berkala

  1. 2. Cek Selang Hidrolik

Selanjutnya, anda perlu menilik hose atau selang hidrolik. Pasalnya, selang hidrolik merupakan salah satu komponen yang terbilang memiliki life time cukup pendek dibandingkan komponen lainnya.

Lihat dan amati, apakah selang hidrolik sudah rapuh atau getas. Jika iya, sebaiknya anda perlu memberitahu kepada penyewa jasa untuk segera mengganti komponen selang hidrolik sebelum mesn dioperasikan kembali.

  1. 3. Cek Kebersihan Mesin

Tidak perlu membongkar sampai dalam, cukup amati sekitar mesin apakah terdapat kerak oli dan debu yang menempel pada mesin. Jika jawabannya iya, maka hal tersebut merupakan salah satu tanda bahwa selang hidrolik mengalami kebocoran.

Tidak hanya selang bocor saja, kasus mesin kotor karena oli umumnya juga disebabkan karena pengguna malas membersihkan mesin seusai dioperasikan.

  1. 4. Cek Kualitas Oli Hidrolik

Selain mengecek komponen, anda juga perlu mengecek kualitas oli dalam tangki hidrolik. Lihat warna dan tingkat viskositasnya. Jika merasa sulit, anda dapat bertanya dan berkonsultasi kepada ahlinya.

  1. 5. Operasikan Alat Berat

Tips terakhir yang dapat anda lakukan yakni cobalah untuk mengoperasikan alat berat. Teliti dan amati, apakah terdapat suara bising atau sesuatu yang mengganjal. Jika iya, tidak ada salahnya untuk bertanya kepada pemilik alat berat terkait masalah tersebut.

Oke sobat hidrolik, itulah tips seputar mengetahui kondisi sewa alat berat yang hendak disewa. Bijak dan kritis merupakan langkah awal menjadi konsumen cerdas dalam memilih produk dan layanan berkualitas.

Bagikan :
WhatsApp

Artikel Terkait lainnya