Kami adalah perusahaan nasional yang berpengalaman hampir 40 tahun dalam konsultasi, jasa, perencanaan dan penyediaan untuk hydraulic.

Kontak
cara kerja hidrolik

bannerlayanan

Hingga kini pengaplikasian mesin berbasis sytem hidrolik sudah banyak digunakan, namun tahukah anda cara kerja hidrolik pada mesin tersebut? Ulas selengkapnya pada pembahasan berikut ini.

Pengertian Sistem Hidrolik

Secara definisi, kata hidrolik berasal dari bahasa Greek atau Orang Yunani dari kata hydro yang berarti Pipa. Pipa inilah yang dimaksud sebagai wadah penghantar penggerak mesin dengan memanfaatkan cairan (fluida).

Secara umum, sistem hidrolik atau hydraulic system merupakan suatu sistem mesin yang memanfaatkan zat cair (umumnya oli) sebagai tenaga penggerak pada mesin. Fluida inilah yang dapat berubah tekanannya ketika sudah terproses didalam pompa hidrolik. Kemudian diteruskan ke komponen silinder kerja melalui pipa-pipa saluran dan katup-katup. Dari sini, tercipta gerakan translasi batang piston dari silinder kerja yang diakibatkan oleh tekanan fluida pada ruang silinder dimanfaatkan untuk gerak maju dan mundur.

Selengkapnya tentang sistem hidrolik ulas disini.

Penjelasan Cara Kerja Hidrolik

Banyak pengguna yang memanfaatkan mesin berbasis sistem hidrolik namun tidak sedikit yang belum memahami cara kerja dasar hidrolik yang akan diulas berikut ini.

Pada dasarnya sangat sederhana dan mudah dalam memahami prinsip kerja sistem hidrolik. Gaya yang diberikan pada satu titik, akan dipindahkan ke titik yang lain menggunakan cairan fluida (biasanya oli) yang dimampatkan. Dimampatkan ialah proses memadatkan suatu benda supaya mampat sehingga tidak terdapat rongga atau uistilah dikompresi. Dengan demikian sehingga terciptalah fluida bertekanan untuk siap diubah menjadi tenaga bertekanan tinggi.

Berikut penggambaran sederhana melalui sebuah iluastrasi gambar berikut ini.

cara kerja hidrolik
ilustrasi penggambaran cara kerja hidrolik secara sederhana

Gambar diatas terdapat dua unit piston dan pipa yang berisi cairan fluida. Kedua piston tersebut masuk ke dalam dua unit silinder gelas yang diisikan dengan minyak dan terhubung satu sama lain dengan pipa yang diisi dengan minyak.

Jika terdapat gaya kebawah pada piston dibagian sebelah kiri, maka gaya tersebut akan ditransmisikan ke piston kedua di bagian kanan melalui fluida sebagai penghantar dalam pipa. Begitupun sebaliknya.

Keunikan dari sistem hidrolik yakni pipa yang terhubung oleh kedua slinder tersebut dapat mempunyai panjang dan bentuk apapun, namun harus diingat tidak boleh bocor sekecil apapun. Sebab, jika hidrolik mengalami kebocoran maka akan berimbas pada kinerja fluida hidraulik. Tidak jarang imbasnya mesin dapat berpeluang terjadinya downtime hingga breakdown secara serius.

Aplikasi Cara Kerja Hidrolik Dalam Kehiduapan

Tahukah anda?

Dibandingkan dengan jenis mesin lainnya, mesin hidrolik sudah banyak diaplikasikan diberbagai sektor perusahaan baik industri, konstruksi, pertambangan, teknologi, pertanian, dan lainnya. Jadi, sudahkah terbayang bagaimana pentingnya kehadiran sistem hidrolik dalam kehidupan kita?

Hadirnya sistem hidrolik memberikan berbagai kemudahan dalam kehidupan, misal pengusaha cuci mobil menggunakan bantuan hidrolik untuk mempermudah pencucian mobil. Hasilnya lebih efisien dan menghemat waktu.

Berikut beberapa contoh pengaplikasian sistem hidrolik selengkapnya berikut ini;

cara kerja hidrolik excavator
cara kerja hidrolik alat berat
cara kerja hidrolik mesin industri

Gunakan Suku Hidrolik Resmi

Agar tercipta performa nyaman pada mesin, banyak beragam cara yang dapat dilakukan. Salah satunya yakni dengan menggunakan suku cadang hydraulic resmi. Menggunakan suku hidrolik resmi secara langsung dapat meningkatkan performa nyaman pada mesin. Sebab, jika menggunakan suku cadang hydraulic kw alias abal-abal maka dapat mengancam kesehatan mesin.

Distributor resmi Cipta Hydropower Abadi menghadirkan beragam suku cadang hydraulic system untuk kebutuhan mesin bisnis anda. Tersedia Hydraulic hose, hose assembly, hydraulic pump, hydraulic filter, valve, ball valve, connection test, pressure gauge, fire suppression system, level gauge, breather filler, pipe clamp, seamless tube, fittings ferule, quick release coupling, flexible pipe coupling, diaphrgham pump, hose reel, hydraulic power unit, hydraulic main component, dll.

Ada pertanyaan? Hubungi layanan Cipta Hydropower Abadi melalui whatsapp melalui nomor 08111-77633 atau email ke [email protected]

Selesai sudah ulasan diatas. Semoga bermanfaat untuk Anda..

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Apa yang bisa kami bantu ?

×