Kami adalah perusahaan nasional yang berpengalaman hampir 40 tahun dalam konsultasi, jasa, perencanaan dan penyediaan untuk hydraulic.

Contacts
cara perawatan mesin alat berat
Pada dasarnya, sangatlah mudah dalam melakukan cara perawatan mesin alat berat. Namun beberapa pengguna masih beranggapan bahwa hal tersebut tergolong sulit. Melakukan perawatan alat berat sudah menjadi rutinitas yang harus dilakukan oleh pengguna alat berat. Dengan melakukan perawatan, hal tersebut bertujuan untuk menjaga performa mesin sehingga titik kenyamanan masih dapat dirasakan dengan optimal. Umumnya, alat berat sudah mengusung tenaga berbasis hidrolik. Sistem hidrolik merupakan sebuah teknologi yang memanfaatkan zat cair (biasanya oli) sebagai penggerak yang melakukan gerakan segaris atau putaran. Maka tidak heran bila banyak pengguna industri, pertanian, manufaktur, hingga pertambangan yang memanfaatkan sistem hidrolik sebagai alat penunjang produktvitas kinerja. Tanpa sadar, alat berat tenaga hidrolik sudah banyak kita jumpai seperti ekskavator, forklift, crane, truk, hingga alat cuci mobil yang dapat mengangkat mobil menjulang keatas.

Cara Perawatan Mesin Alat Berat Dengan Benar

Meskipun terdiri dari beberapa kompone yang terbilang cukup kompleks, tentu saja alat berat tetap membutuhkan cara perawatan mesin alat berat secara berkala. Namun, bagaimana caranya? Berikut ini ulasan selengkapnya hanya untuk Anda;
  1. 1. Bersihkan Mesin Dari Kotoran Kerak Oli

  2. Jangan dibiarkan jika mesin dipenuhi oleh berbagai kotoran dan kerak oli menumpuk. Sebab, hal tersebut sangat berpotensi kotoran dapat masuk melalui celah kedalam mesin sehingga dapat mengakibatkan tenaga nyendat.
Anda dapat menggunakan lap atau kain basah untuk membersihkan permukaan mesin. Ulangi beberapa kali sampai mesin bersih tanpa kotoran menganggu.

2. Cek Mesin Sebelum Dioperasikan

Jangan langsung digunakan begitu saja. Sebaiknya cek keadaan mesin sebelum digunakan guna meminimalisir kerusakan hingga mengancam keselamatan kerja. Hidupkan mesin. Lalu, coba amati apakah terdapat bunyi bising atau getaran mengganggu. Jika jawabannya iya, maka sebaiknya anda perlu melakukan analisa lebih dalam untuk memperbaiki hal tersebut. Ingat, jangan paksa mesin beroperasi ketika terdapat gejala diatas.

3. Ganti Oli Hidrolik

Coba ingat kembali, kapan terakhir anda mengganti oli hidrolik secara berkala? Sebagai mesin yang mengusung fluida berbasis oli, sudah seyogyangnya oli mendapat pergantian secara berkala. Sebelum mengganti oli, pastikan anda memberishkan tangki hidrolik secara menyeluruh agar terbebas dari kotoran.Tanpa kita sadari, partikel kotoran inilah yang dapat menghambat kinerja mesin menjadi kurang optimal. Pilih oli yang mempunyai kualitas terbaik dengan tingkatan SAE tepat. Jangan coba ganti oli hidrolik tanpa konsultasi oleh ahlinya. Baca Juga Ini Rekomendasi Jasa Pemeliharaan Alat Berat Pertambangan

4. Lakukan Flushing

Yakin oli anda terbebas dari kotoran? Cobalah untuk melakukan serangkaian uji pada tangki oli mesin anda, apakah terdapat sesuatu partikel yang jumlahnya sedikit, sedang, atau bahkan banyak? Hal tersebut dapat terjadi sebab pengguna malas membersihkan mesin seusai atau sebelum hendak digunakan. Imbasnya, kotoran dapat mudah masuk melalui celah mesin sehingga bermuara di oli hidrolik. Proses pembakaran tenaga pun dapat terganggu sehingga mengurangi tingkat kenyamanan. Solusinya? Lakukan teknis flushing untuk membersihkan hampir 100% partikel kontaminn pada mesin. Namun, sayangnya kami masih belum menemukan teknik flushing dengan mduah yang dapat dilakukan oleh individu, Anda dapat menghubungi call center Cipta Hdyropower Abadi untuk mendapatkan jasa teknis flushing terbaik oleh ahlinya.

5. Menggunakan Suku Cadang Resmi Hidrolik

Dengan menggunakan suku cadang resmi hidrolik, hal tersebut tentu dapat mencegah berbagai kemungkinan terburuk pada mesin, salah satunya hose hydraulic. Hose dengan kualitas terbaik tidak akan mudah mengalami kebocoran bahkan getas sekalipun meski dialiri fluida bertekanan tinggi atau suhu terik matahari yang tinggi. Hal tersebut dapat terjadi karena hose diusung oleh material pilihan melalui proses pengerjaan SOP internasional, serta melalui beberapa tahap uji. Terciptalah kualitas terbaik untuk mesin anda. Pilih suku cadang resmi hidrolik hanya di distributor resmi Cipta Hydropower Abadi. Menyediakan berbagai kebutuhan hidrolik dengan ragam speifikasi serta merek, diantaranya hose, fitting, ferule, climping pipe, hydraulic connections,compressore, pump, hose reel, hingga fire suspressions system sebagai proteksi mencegah terjadinya unit mesin terbakar. Sobat Hydropower, itulah ulasan mengenai cara perawatan mesin alat berat dengan mudah dan tepat. Semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa dipraktikkan yaa.. Baca ulasan tips bermanfaat lainnya hanya di Cipta Hydropower Abadi, Ahlinya Hydraulic System.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Apa yang bisa kami bantu ?

×