Kami adalah perusahaan nasional yang berpengalaman hampir 40 tahun dalam konsultasi, jasa, perencanaan dan penyediaan untuk hydraulic.

Kontak
fitting hydraulic system

bannerlayanan

Fitting hydraulic system adalah sebuah komponen ulir sebagai penyambung antara hose dengan mesin. Accesories yang satu ini sangat dibutuhkan terutama pada hose hydraulic mesin apapun. Tanpa fitting, kinerja hose tidak akan bekerja dengan maksimal. Dalam dunia hidrolik, fitting merupakan komponen yang biasanya menjadi satu kesatuan dengan selang hidrolik.

Ungkap pengertian selengkapnya berikut ini.

bannerlayanan

Pengertian Fitting Hydraulic System

Fitting hydraulic system atau hidrolik adalah serangkaian elemen dasar flensa fitting untuk menghubungkan tabung, pipa, dan selang ke pompa, katup, aktuator, dan komponen lainnya. Fitting bersifat fleksibel, artinya dapat dilepas ketika melakukan servis atau pergantian komponen seperti hose.

Umumnya, fitting bersifat reusable, artinya dapat digunakan dalam jangka waktu panjang sebab material yang digunakan memang didesain kokoh dan tahan lama.

Dalam kinerjanya, fitting menyegel fluida dalam sistem hidrolik dengan salah satu dari dua teknik: fitting semua logam mengandalkan kontak logam ke logam, sedangkan fitting jenis cincin-O mengandung fluida bertekanan dengan mengompresi segel elastomer.

Dalam kedua kasus, pengencangan benang  dan port komponen memaksa dua permukaan dapat masuk bersama-sama untuk membentuk segel bertekanan tinggi.

Jenis Fitting Hydraulic System

Secara umum, fitting hidrolik terbagi menjadi tujuh jenis fitting, selengkapnya berikut ini;

jenis fitting hydraulic
jenis fitting hydraulic system

1. JIC 37⁰ Flare

Merupakan kepanjangan dari Joint Industrial Conference (JIC). Jenis ini ialah gaya sambungan hidraulik yang paling umum. Terdiri dari ulir paralel dan kerucut 37⁰ di ujung fitting yang menempel ke pipa flare atau fitting selang.

2. Segel Muka Cincin-O

Merupakan jenis fitting dengan permukaan  penyegelan datar yang berisi segel tertanam, yang cocok dengan pipa berflensa atau alat kelengkapan selang. Dengan demikian maka dapat mengurangi resiko torsi berlebih, dan segel yang ditangkap mencegah kebocoran.

3. O-Ring Boss

Pada dasarnya, benang lurus SAE O-Ring Boss (ORB) hampir sama dengan benang lurus 37⁰ JIC Flare. Perbedaannya yakni dari segi cara setiap benang menyegel. Sementara JIC menyegel suar logam-ke-logam, ORB menyegel cincin-O, yang menawarkan koneksi bebas bocor terbaik. 

4. Kompresi Inci

Merupakan fitting tipe gigitan untuk pipa hidrolik dan sambungan selang namun sangat terbatas untuk model ini. Model tersebut dapat diaplikasikan pada tabung keras hidrolik di lapangan. 

5. Benang Pipa NPT

Merupakan kelengkapan benang tirus tradisional yang telah digunakan sangat lama sejak dulu. Benang pipa NPT tersedia dalam besi hitam dan kuningan bertekanan rendah, dan baja bertekanan tinggi dan baja tahan karat. Gaya sambungan ini digunakan dalam sistem pneumatik dan sistem hidrolik. 

6. DIN Metric 24⁰ Bite Type

Merupakan model yang paling banyak digunakan pada bagian benua Eropa. Terdapat garis lengkap sambungan selang untuk model ini, serta dapat digunakan dengan tabung berukuran metrik. Uniknya, dapat menggabungkan segel elastomer yang ditangkap pada permukaan kawin, memberikan penyegelan yang lebih baik dan dapat digunakan kembali. 

7. Flensa Empat Baut 

Didesain dengan spesifikasi SAE J518 dan ISO 6162-1 dan -2 yang telah terbukti bebas bocor dan sangat cocok untuk ukuran yang lebih besar, tekanan yang lebih tinggi, dan dapat dirakit di tempat sempit.

Perbedaan Cara Pasang Fitting Hydraulic System

Pada dasarnya, dalam memasang fitting terdapat dua jenis perbedaan. Nah pastikan mesin anda tidak salah pasang dengan mengetahui perbedaannya berikut ini;

cara pasang fitting hydraulic

1. Crimp Fitting

Jenis ini membutuhkan mesin crimping atau mesin press untuk memasang fitting ke selang. Biasanya crimp fitting telah tersedia di distributor hidrolik lokal, salah satunya Cipta Hydropower Abadi yang menghadirkan perakitan selang hidrolik. Dengan menggunakan tools canggih serta mekanik berpengalaman, fitting dapat terpasang dengan sempurna.

2. Fitting Dipasang di Lapangan 

Selain crimping, fitting juga dapat dipasang dilapangan dengan merakit secara individu. Pengguna dapat memasang dimanapun. Lebih fleksibel. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa bisa saja peluang salah pasang hingga tidak terpasang dengan standarisasi dapat terjadi.

Distributor & Instalasi Fitting Hydraulic System

Sebab perkembangan hidrolik yang begitu pesat, kini telah muncul berbagai distributor hidrolik yang belum tentu dapat menjamin kualitas. Maka dari itu, pastikan Anda memilih distributor maupun layanan instalasi fitting hydraulic system yang telah terjamin kualitasnya.

Nah, mungkin Cipta Hydropower Abadi dapat menjadi rekomendasi tepat untuk bisnis Anda. Pasalnya, Hydropower telah berpengalaman lebih dari 38 tahun menghadirkan beragam kebutuhan suku cadang hydraulic system termasuk fitting hydraulic system.

Tidak hanya itu saja, distributor Hydropower juga melayani instalasi atau pengepressan fitting hidrolik dengan menggunakan tools canggih sehingga bebas bocor akibat celah yang kurang presisi.

Hubungi layanan Hydropower melalui whatsapp di 08-111-77633 atau email di info@ciptahydropower.com

Semoga bermanfaat untuk Anda..

bannerlayanan

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Apa yang bisa kami bantu ?

×