Kami adalah perusahaan nasional yang berpengalaman hampir 40 tahun dalam konsultasi, jasa, perencanaan dan penyediaan untuk hydraulic.

Kontak
hidrolik crane

bannerlayanan

Penggunaan sistem hidrolik kini makin mencakup luas ke berbagai sektor salah satunya hidrolik crane. Umumnya, crane merupakan salah satu mesin alat berat (heavy equipment) yang memilki bentuk dan kemampuan angkat besar hingga mampu berputar sampai 360 derajat dengan jangkauan puluhan meter.

Nah, biasanya crane ini sering banyak ditemui pada area proyek, pelabuhan, apartemen, perbengkelan, industri, pergudangan dan lainnya. Meskipun bentuknya sederhana, seperti tiang panjang, namun fungsi crane memiliki peranan penting khususnya dalam pembangunan yakni sebagai alat berat yang mampu mengangkat material berat sekaligus memindahkannya ke tempat lain.

bannerlayanan

Nyatanya, kemampuan fungsi crane tidak terlepas dari peranan sistem kerja hidrolik. Mari bahas secara tuntas disini.

Pengertian Sistem Hidrolik Crane

Pada dasarnya, sistem hidrolik adalah sebuah rangkaian komponen yang memanfaatkan zat cair (fluida) untuk menghasilkan energi mekanis pada mesin. Jadi, sistem hidrolik merupakan suatu bentuk perubahan atau pemindahan daya dengan menggunakan media penghantar berupa fluida cair untuk memperoleh daya yang lebih besar dari daya awal yang dikeluarkan.

Nah sistem hidrolik inilah yang diaplikasikan pada crane dengan menerapkan hukum pascal. Sistem kerja hidrolik pada crane nyatanya mampu mengangkat material berat, berputar, dan memindahkan material yang sebelumnya diangkat tadi.

Cara Kerja Hidrolik Crane

Alat berat crane bekerja dengan menerapkan hukum Pascal untuk mengangkat muatan beban dengan menggunakan penggerak (actuator) yang kecil oleh media fluida atau oli hidrolik yang memiliki tekanan tinggi. Fluida sebelumnya akan diubah terlebih dahulu kedalam komponen pompa hidrolik lalu dialirkan kembali ke komponen lainnya.

Ketika pompa hidrolik berhasil mengubah energi mekanik menjadi energi hidrolik dengan tekanan tinggi, selanjutnya control valve akan beekrja dengan mengendalikan aliran zat cair dan arah pergerakannya. Sehingga actuator atau unik penggerak mengubah energi hidrolik menjadi energi mekanis dalam bentuk gerakan linear ataupun putaran untuk melakukan pekerjaan.

Kesimpulannya, sebab aliran fluida inilah sistem kerja hidrolik pada crane mampu mengangkat material berat, berputar, dan memindahkan material yang sebelumnya diangkat tadi. Jadi, mesin hydraulic crane bekerja sepenuhnya dengan mengandalkan fluida sebagai energi utama untuk dialirkan ke komponen-komponen lainnya.

Prinsip Kerja Hidrolik Crane

Cara kerja hidrolik pada crane tidak terlepas dari prinsip kerja berbagai komponen pada crane. Setidaknya terdapat 6 prinsip kerja berikut ini;

1. Tangki hidrolik 

Fluida atau oli umumnya akan disimpan pada tangki hidrolik. Pengguna cukup memastikan oli dalam tangki memiki volume yang cukup untuk mengoperasikan crane.

2. Pompa hidrolik

berfungsi menghisap dan mengubah aliran hidrolik dalam tangki oli dan mendorongnya menuju actuator.

3. Directional Control Valve

Berfungsi untuk mengubah arah aliran oli hidrolik yang menuju actuator sehingga actuator dapat bergerak bolak-balik (maju-mundur pada cylinder boom, berputar searah-berlawanan arah jarum jam bila actuatornya berupa motor pada system winch atau swivel/swing). Bila directional control valve pada posisi netral ( handle di posisi tengah) maka oli akan dibuang ke oil tank kembali dan tidak keactuator.

4. Actuactor

Aktuator memiliki fungsi sebagai komponen output dari sistem hidrolik.

5. Filter hidrolik

Agar oli yang digunakan tidak ikut tercampur dengan kotoran dalam mesin, filter hidrolik inilah yang bekerja sebagai penyaring contaminant yang ada di dalam sistem hidrolik.

6. Pendingin atau Cooler

Cooler pada crane memiliki fungsi sebagai pendingin minyak hidrolik yang menghisap dan mengangkat panas dari silinder dan pompa.

Selesai sudah ulasan seputar mengulik pengertian dan cara kerja hidrolik crane. Dengan mengetahui wawasan tentang alat berat, setidaknya ulasan diatas dapat membantu Anda khususnya bagi pengguna yang bekerja pada sektor alat berat seperti proyek pembangunan atau pertambangan.

Apabila anda membutuhkan layanan perbaikan crane, yuk langsung hubungi kami Cipta Hydropower Abadi spesialis hydraulic system.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Apa yang bisa kami bantu ?

×