Kami adalah perusahaan nasional yang berpengalaman hampir 40 tahun dalam konsultasi, jasa, perencanaan dan penyediaan untuk hydraulic.

Kontak
pengoperasian mesin bubut

bannerlayanan

Bagaimana cara pengoperasian mesin bubut dengan mudah dan benar? Agar tidak salah, yuk simak panduan selengkapnya pada ulasan berikut ini.

Mesin bubut merupakan salah satu piranti sebagai pemotong benda. Jenis mesin ini memang sering digunakan pada mesin industri skala kecil hingga besar. Cara kerjanya sederhana, yakni memiliki poros berputar maju dan mundur sesuai keinginan pengguna.

bannerlayanan

Poros spindel akan memutar benda kerja melalui roda gigi penghubung, putaran akan disampaikan ke roda gigi poros ulir. Oleh klem berulir, putaran poros ulir tersebut diubah menjadi gerak translasi pada eretan yang membawa pahat.

Meskipun kelihatannya mudah, namun tidak semudah yang dilakukan dalam pengoperasian mesin bubut hingga perawatan mesin bubut.

Pengoperasian Mesin Bubut

Nah untuk Anda yang akan terjun sebagai operator mesin bubut atau baru saja membeli mesin bubut untuk menunjang usaha, kini jangan khawatir dan bingung lagi bagaimana cara menjalankan dan mengoperasikan mesin bubut dengan baik dan tepat.

1. Menghidupkan & Mematikan Mesin Bubut

Cara menghidupkan mesin bubut sangat mudah yakni dengan menekan tuas on/ off pada mesin bubut sehingga spindle dapat berputar.

Namun ada beberapa yang di perhatikan dalam menghidupkan mesin bubut diantaranya, emergency harus di setel keluar dan tutup spindle harus di tutup. Jika hal tersebut tidak dilakukan maka mesin (spindel) tidak akan hidup.

2. Mengendalikan Putaran Spindle & Eretan

Cara mengoperasikan dan mengendalikan putaran spindle adalah mengatur tuas pengatur kecepatan spindle sesuai dengan plat tabel yang sudah ada pada mesin bubut.

Lain halnya dengan eretan, cukup putar eretan kekanan ataupun kekiri, sesuai dengan pemakanan yang ingin dilakukan.

3. Mengoperasikan Mesin Bubut

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan dalam mengoperasikan mesin bubut, seperti;

  1. Siapkan peralatan dan perlengkapan yang hendak digunakan
  2. Cek kondisi mesin
  3. Lalu masukkan sumber utama arus
  4. Atur putaran spindel yang akan digunakan sesuaikan dengan material yang digunakan (ditentukan melalui perhitungan atau tabel cutting speed)
  5. Pasang senter putar pada kepala lepas
  6. Lalu pasang pahat dengan ujung sayat setinggi ujung senter
  7. Pasang atau cekam benda kerja
  8. Dekatkan pahat pada ujung benda kerja yang akan disayat
  9. Hidupkan mesin dengan tombol atau saklar dan lakukan penyayatan pada benda kerja

Setelah melakukan pekerjaan, jangan lupa untuk mematikan mesin bubut dengan cara menekan tombol tuas off pada mesin bubut sampai mesin bubut mati. Terakhir, rapihkan peralatan kembali dan taruh pada tempatnya sehingga perlengkapan terjaga dengan aman.

Demikian ulasan seputar panduan cara pengoperasian mesin bubut dengan baik dan tepat. Jika masih ragu, sebaiknya minta rekan yang telah profesional agar dapat membantu ketika terjadi kesulitan ditengan jalan.

Semoga bermanfaat..

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Apa yang bisa kami bantu ?

×