Kami adalah perusahaan nasional yang berpengalaman hampir 40 tahun dalam konsultasi, jasa, perencanaan dan penyediaan untuk hydraulic.

Kontak
perawatan alat berat

bannerlayanan

Melakukan perawatan alat berat merupakan salah satu langkah tepat untuk mencegah berbagai peluang kerusakan mesin, akibat kesalahan teknis dari pengguna maupun komponen yang sudah tidak layak digunakan.

Seperti dengan kendaraan lainnya, alat berat juga membutuhkan perawatan secara berkala demi menunjang komponen umur mesin yang lebih panjang. Terlebih lagi alat berat sering digunakan untuk melakukan pekerjaan pembangunan, seperti pengerjaan tanah dan memindahkan bahan bangunan atau material, dimana merupakan faktor penting didalam suatu proyek terutama konstruksi maupun pertambangan dan kegiatan lainnya dengan skala besar.

Oleh sebab itu sudah sewajarnya alat berat perlu mendapatkan perawatan agar performa tetap terjaga dengan prima.

Pentingnya Perawatan Alat Berat

Nyatanya hingga kini tidak sedikit pengguna yang masih menyepelekan pentingnya melakukan perawatan mesin alat berat secara berkala. Imbasnya, tidak heran jika sering terjadi kasus kerusakan lebih cepat hingga berakhir harus memanggil jasa servis mesin hidrolik alat berat terdekat.

Pentingnya perawatan tidak terlepas dari;

  • – Alat berat dapat beroperasi dengan efektif dan efisien
  • – Dapat meminimilasir kerusakan yang terjadi
  • – Kesiapan dalam mengoperasikan alat berat yang tinggi
  • – Biaya operasional mesin yang relatif rendah
  • – Menunjang usia alat berat lebih panjang
  • – Keamanan kerja lebih terjamin sehingga mencegah kecelakaan kerja
  • – Harga alat berat bekas mempunyai nilai tinggi

4 Cara Perawatan Alat Berat

Berikut hadir empat cara bermanfaat yang dapat Anda lakukan ketika memulai perawatan alat berat, selengkapnya berikut ini;

  1. 1. Pemeriksaan sebelum dioperasikan 

Sebelum memulai aktivitas anda di lapangan, sebaiknya sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan. Jangan lupa lakukan 3 cek dibawah ini;

  • – Cek bahan bakar
  • – Cek kondisi komponen
  • – Cek kelayakan suku cadang

Selain untuk menghindari resiko pekerjaan macet di tengah jalan, pemeriksaan seperti ini sangat diperlukan untuk menjamin keselamatan pengguna dan area sekitarnya.

Perhatikan juga dengan seksama ketika mesin baru pertama kali dihidupkan, misalnya apakah muncul suara atau getaran yang tidak seharusnya. Jika memang terjadi demikian, biasanya kondisi mesin memang tidak stabil sebab bisa saja terdapat gejala gesekan atau penurunan efisiensi kinerja mesin.

Untuk mengatasi kasus tersebut, sebaiknya segera dilakukan perbaikan kepada ahlinya agar kerusakan komponen tidak semakin melebar.

Untuk kasus seperti ini lebih baik segera dilakukan perbaikan sebelum alat tersebut semakin rusak nantinya. Karena pemaksaan penggunaan dengan kondisi alat / mesin yang tidak prima, dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih fatal maupun beresiko menimbulkan kecelakaan dalam pengoperasiannya.

2. Perawatan Berkala

Seiring dengan penggunaan secara terus-menerus terutama diluar ruangan, sudah pasti kondisi mesin menjadi kotor. Dengan membersihkan peralatan alat berat dengan benar, maka mesin menjadi bebas dari kotoran yang dapat menghambat kinerja alat. Hal ini bertujuan agar mesin dapat meminimalisir terhambatnya gerakan alat, serta menjaga kondisi komponen agar tetap utuh.

Biasanya perawatan berkala ini mengacu pada waktu kerja mesin berdasarkan hour meter (HM). Dengan demikian maka pengguna dapat dengan mudah melakukan pendeteksian umur sparepart harus diganti sebelum terjadinya kerusakan, termasuk komponen pelumas dan bahan bakar.

3. Jadwal Overhaul 

Umumnya, kegiatan overhaul yakni meliputi pengkondisian ulang terhadap sparepart dan komponen alat berat agar tetap sesuai standar. Overhaul dilakukan dengan mengacu standar overhaul terhadap masing-masing komponen, merekondisi komponen agar kembali ke kondisi sesuai standar pabrik.

Hal ini sangat penting agar performa kembali stabil ke kondisi standar pabrik seperti semula namun dalam tahap ini tentunya tidaj terlepas dari pergantian spare part dengan menguji kelayakan komponen terlebih dahulu menurut standar pabrik.

4. Condition Base Maintenance

Tidak kalah penting lainnya, condition base maintenance juga perlu dilakukan untuk mengembalikan kondisi unit seperti semula atau standar pabrikan dengan cara service seperti PPM, PPU yang hasil pengukuran disesuaikan dengan standar terbaru.

Selain CBM, juga diperlukan untuk melakukan pengurangan downtime unit agar menjaga kinerja alat berat mesin tetap stabil dan optimal meskipun sudah berumur. Dengan melakukan hal diatas, maka kerusakan yang mungkin akan timbul dapat lebih mudah dideteksi sehingga tidak berdampak membengkaknya biaya operasional perbaikan mesin.

Jasa Perawatan Alat Berat Hydraulic System

jasa perawatan alat berat
 

Bagi anda yang membutuhkan jasa perawatan mesin alat berat berpengalaman, Cipta Hydropower Abadi solusinya. Tanpa perlu repot-repot mendatangi langsung, anda dapat terhubung dengan tim Hydropower melalui layanan call center;

Whatsapp 08-111-77633 chat only

Email ke [email protected]

Cipta Hydropower Abadi melayani:

  1. 1. Instalasi spare part hidrolik
  2. 2. Perawatan alat berat hidrolik maupun mesin industri
  3. 3. Servis perbaikan hydraulic system
  4. 4. Repair hose hydraulic
  5. 5. Konsultasi sepuasnya langsung oleh ahlinya

Mengapa harus pilih Hydropower?

  1. 1. Spare part hydraulic terlengkap
  2. 2. Teknisi profesional dibidangnya
  3. 3. Menggunakan tools modern sehingga cepat & aman

Semoga ulasan diatas dapat menjadi rekomendasi tepat bagi kebutuhan perusahaan Anda saat ini.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Apa yang bisa kami bantu ?

×