Kami adalah perusahaan nasional yang berpengalaman hampir 40 tahun dalam konsultasi, jasa, perencanaan dan penyediaan untuk hydraulic.

Contacts
perawatan mesin pabrik

Seperti hal nya tubuh manusia, mesin pun membutuhkan perawatan secara berkala. Perawatan mesin pabrik membutuhkan tips serta wawasan yang cukup agar resiko kerusakan karena bongkar pasang dapat dicegah karena ketidaktahuan yang pasti.

Hingga kini nyatanya masih banyak user yang bandel karena mengabaikan perawatan. Alasannta karena malas hingga tidak ada waktu untuk memberikan perawatan berkala. Padahal, perawatan merupakan kunci utama agar spare part mesin tidak mudah rusak, baik pompa, filter, dan lainnya.

Seberapa penting perawatan mesin pabrik?

teknisi sedang melakukan perawatan mesin industri

Kelancaran suatu produktivitas perusahaan hampir 100% didukung oleh mesin yang optimal. Ketika mesin produksi digunakan secara terus-menerus, maka tentu saja peluang kerusakan hidrolik dapat terjadi setiap waktu. Nah, sebagai user atau pengguna sudah seharusnya paham untuk mencegah peluang diatas agar produksi tetap berjalan.

Nah berikut poin penting seberapa penting perawatan mesin untuk pabrik antara lain sebagai berikut;

1. Menjamin ketersediaan dan kehandalan fasilitas industri (Peralatan & Mesin) baik secara ekonomis maupun teknis agar dapat menunjang produksi seoptimal mungkin

2. Memperpanjang masa pakai (Usia) fasilitas

3. Menjamin kesiapan operasional seluruh fasilitas

4. Menjamin keamanan dan keselamatan dalam bekerja

Persiapan Penting Perawatan Mesin pabrik

Sebelum memulai melakukan perawatan mesin, sebaiknya persiapkan beberapa hal berikut ini;

  1. Buku manual operasi.
  2. Manual instruksi perawatan.
  3. Kartu riwayat mesin.
  4. Daftar permintaan suku cadang.
  5. Kartu inspeksi.
  6. Catatan kegiatan harian.
  7. Catatan kerusakan, dan lain-lain.
    Catatan-catatan ini akan banyak membantu dalam menentukan perencanaan dan
    keputusan-keputusan yang akan diambil.

Tips Perawatan Mesin Pabrik

Berikut hadir 5 tips perawatan mesin pabrik yang dapat anda lakukan dengan mudah dan praktis, selengkapnya berikut ini;

1. Inspeksi komponen keseluruhan

Rasanya sangat wajib sekali untuk melakukan inspeksi mesin secara keseluruhan. Meskipun belum terdapat tanda-tandar kerusakan, namun dalam melakukan inspeksi ini bisa saja menemukan baut atau seal yang kendor, kondisi hose yang getas, hingga filter sudah kotor. Oleh sebab itu, cobalah mengganti setiap komponen sesuai jadwal yang sudah dibuat dan harus dilakukan oleh teknisi yang berpengetahuan.

2. Cek pelumasan mesin

Hal ini kaitannya dengan lubrikasi agar mesin bekerja optimal. Seiring dengan waktu pemakaian, sangat memungkinkan kondisi kualitas fluida atau oli menjadi menurun karena korosi hingga partikel kotoran dari luar lingkungan area mesin. Jadi tidak ada salahnya untuk mengecek kondisi pelumas serta mengisi kembali takaran oli jika sudah berkurang.

3. Pemeliharaan utilitas

Dalam kegiatan pemeliharaan dan perbaikan mesin pabrik, setidaknya terdapat pengelompokan kerja yaitu; bagian perbaikan & pemeliharaan mekanik dan bagian pemeliharaan & perbaikan kelistrikan.

Oleh sebab itu, yang dimaksud dengan pemeliharaan utilitas antara lain distribusi air pendingin, komponen, pelumas (oli). Padahal banyak pengguna yang beranggapan bahwa pekerjaan utilitas ini dan untuk menjamin kelancaran bekerja

4. Menjaga kebersihan mesin

Mesin pabrik memang rawan kotor karena debu dari lingkungan kerja atau dari bahan baku produk tersebut. Untuk melancarkan produksi mesin, sebaiknya rajin untuk membersihkan permukaan mesin dari debu, kerak oli, atau kotoran lainnya yang menempel. Karena kebersihan sebagian dari iman, mari jaga kebersihan lingkungan area kerja dimulai dari mesin.

5. Membuat logbook

Ketika menggunakan logbook, secara sadar hal ini jauh lebih memudahkan pengguna dalam memantau aktivitas operasional mesin sehari-hari hanya melalui GPS. Cara kerjanya, perangkat akan melacak gerakan mesin dan mencatatnya dalam catatan digital. Hadirnya logbook dapat memberikan manfaat dengan mengetahui masalah lebih cepat diketahui lebih awal sehingga kerusakan dapat dicegah.

Nah itulah ulasan tips bermanfaat seputar perawatan mesin pabrik. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda..

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Apa yang bisa kami bantu ?

×