Kami adalah perusahaan nasional yang berpengalaman hampir 40 tahun dalam konsultasi, jasa, perencanaan dan penyediaan untuk hydraulic.

Kontak
perawatan selang hidrolik

bannerlayanan

Salah satu perawatan mesin tidak terlepas dari perawatan selang hidrolik. Khusus bagi pemula, simak 5 cara ini secara mudah & aman.

Pada dasarnya, setiap komponen memiliki lifetime atau masa penggunaan yang berbeda-beda, seperti hal nya selang hidrolik yang dapat bertahan hingga enam bulan. Namun, tidak sedikit juga banyak pengguna yang mengeluhkan hydraulic hose mengalami getas hingga bocor lebih cepat sebelum jadwal pergantian berkala.

bannerlayanan

Pentingnya Perawatan Selang Hidrolik

Seperti hal nya tubuh manusia, mesin juga memerlukan perawatan ekstra khususnya berbasis hydraulic system. Hal ini dilakukan untuk menjaga performa optimal pada mesin, mencegah kerusakan dan meningkatkan kinerja mesin.

Perlu disadari bersama, material hydraulic hose yang terbuat dari karet ini memang tidak dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Pasalnya, karet rentan mengalami getas sebab berbagai faktor. Seperti cuaca, gesekan mesin, perawatan minim, hingga umur pemakaian.

Dengan melakukan berbagai cara perawatan selang hydraulic, setidaknya mesin dapat terhindar dari;

1. Peluang getas hingga bocor

2. Fluida bekerja lebih optimal tanpa khawatir hambatan

3. Aman digunakan diberbagai lingkungan bahkan cuaca ekstrim

4. Mencegah kerusakan mesin lebih cepat

5. Lifetime selang hidrolik terjaga

5 Perawatan Selang Hidrolik

Setelah anda membaca pentingnya perawatan hose diatas, kini tersadar betapa pentingnya untuk kesehatan mesin anda, bukan?

Daripada menunggu kerusakan mesin datang, lebih baik mencegah daripada mengobati. Lalu apa saja perawatan hydraulic hose yang harus dilakukan oleh pengguna? Berikut hadir selengkapnya untuk anda;

1. Pakai spiral guard hose

Jangan anggap spele lagi dengan assesories yang satu ini. Nyatanya, penggunaan hose spiral guard sangat terbukti dapat mencegah berbagai kerusakan selang hidrolik, salah satunya paparan terik matahari hingga gesekan antar sesama permukaan mesin maupun hose.

Untuk harga, dijamin tidak akan menguras dompet anda. Biasanya assesories ini tersedia banyak diberbagai toko hidrolik. Namun tidak ada salahnya untuk membeli langsung melalui distributor resmi agar terjamin kualitas serta garansinya.

2. Gunakan fluida yang direkomendasikan

fluida hose

Setiap fluida memiliki jenis serta spesifikasi yang disesuaikan untuk kebutuhan pressure mesin maupun selang hidrolik.

Oleh sebab itu sebaiknya gunakan jenis fluida yang disarankan oleh buku panduan maupun dari teknisi ahlinya. Jangan mencoba mengganti fluida tanpa disarankan dari ahlinya. Meskipun spele namun imbas yang terjadi nantinya cukup fatal bagi kesehatan mesin anda.

3. Bersihkan rembesan oli sekitar hose maupun mesin

oli hidrolik kotor

Selanjutnya cobalah untuk mengecek kondisi hose maupun bagian mesin lainnya apakah terdapat rembesan oli? Jika iya, tidak ada salahnya untuk mulai membersihkan dengan lap lembut dan air bersih. Bersihkan secara perlahan dengan menggosok area rembesan oli hingga bersih.

Jangan lupa juga untuk mengecek sekitar hose apakah terdapat gejala bocor. Jika iya, segeralah untuk mengganti komponen selang hidrolik yang layak pakai.

4. Menjaga pressure maksimum

pressure maksimum hose

Ingat ya, selang hydraulic tidak boleh digunakan pada tekanan yang melebihi tekanan temperature -40 ° C – +120 ° C dalam kondisi normal. Tidak hanya mesin, hose pun juga memiliki batas maksimum agar penggunaannya tetap terjaga dengan apik sehingga dapat bekerja optimal.

Selain itu, pastikan juga untuk tetap menggunakan fluida sesuai rekomendasi dari buku panduan atau saran ahlinya mesin hydraulic system.

5. Mengganti selang hidrolik secara berkala

ganti selang hidrolik

Meskipun sudah lewat jadwal pergantian, masih saja terdapat beberapa pengguna yang kerap acuh mengabaikan kesehatan hose hydraulic sebelum terjadi getas hingga bocor. Jika sudah menujukkan gejala atau indikasi bocor, barulah dilakukan pergantian. Padahal, kasus ini dapat menurunkan performa mesin karena kinerja fluida yang terganggu.

Untuk mencari kebutuhan selang hidrolik sesuai spesifikasi mesin, anda dapat menghubungi layanan distributor selang hidrolik Cipta Hydropower Abadi melalui whatsapp di 08-111-77633 atau email ke [email protected]

Nah itulah tips dalam melakukan perawatan selang hidrolik dengan mudah dan aman khususnya bagi pemula. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dipraktekkan yaa..

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Apa yang bisa kami bantu ?

×