Kami adalah perusahaan nasional yang berpengalaman hampir 40 tahun dalam konsultasi, jasa, perencanaan dan penyediaan untuk hydraulic.

Kontak
sistem hidrolik dan pneumatik

bannerlayanan

Secara umum mesin industri terdiri dari dua jenis yakni sistem hidrolik dan pneumatik. Lalu apa perbedaannya? Simak tuntas dibawah ini.

Bagi pengguna industri dan pegiat mesin alat berat pasti sudah tidak asing dengan yang satu ini. Hidrolik jenis mesin yang menggunakan fluida untuk menghasilkan energi. Salah satu cabang dari hidrolik yakni pneumatik.

Baik hidrolik maupun pneumatik, keduanya memang sama-sama dapat meningkatkan produktivitas hanya dengan mengandalkan energi mekanis dari oli maupun angin sehingga dapat menggerakkan komponen dengan mudah.

Perbedaan Sistem Hidrolik dan Pneumatik

Meski terlihat serupa, sistem pneumatik dan hidrolik memiliki beberapa perbedaan mendasar yang mempengaruhi sumber bahan bakar mekanis. Untuk mengetahui lebih jelasnya, mari mulai terlebih dahulu dengan mengetahui penjelasan dari sistem hidrolik berikut ini.

Sistem Hidrolik

contoh sistem hidrolik

Sistem hidrolik merupakan suatu bentuk perubahan atau pemindahan daya dengan menggunakan media penghantar berupa fluida cair untuk memperoleh daya yang lebih besar dari daya awal yang dikeluarkan.

Dengan memanfaatkan fluida jenis minyak atau oli yang terlebih dahlulu diubah tekanannya oleh pompa hidrolik, kemudian diteruskan ke komponen silinder kerja melalui pipa-pipa saluran dan katup-katup. Oleh sebab itu, tercipta gerakan translasi batang piston dari silinder kerja yang diakibatkan oleh tekanan fluida pada ruang silinder dimanfaatkan untuk gerak maju dan mundur.

Penggunaan sistem hidrolik tidak terlepas dari Hukum Pascal, Archimedes, serta Hidrostatik yang dapat anda baca ulasan sistem hidrolik selengkapnya disini.

Pengaplikasian Sistem Hidrolik

Hidrolik membutuhkan tenaga atau pressure yang lebih besar jika dibandingkan dengan pneumatik hingga 6,9-34 MPa (sekitar 6,900-34,000 KPa). Sehingga tidak heran kini banyak mesin industri pabrik yang memanfaatkan hidrolik untuk menunjang produktivitas perusahaan menjadi berkali lipat.

Sistem Pneumatik

contoh sistem hidrolik pneumatik

Sistem Pneumatik adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan udara terkompresi untuk menghasilkan efek gerakan mekanis. Sebab menggunakan udara terkompresi, maka sistem pneumatik tidak dapat dipisahkan dengan kompresor yang berfungsi untuk menghasilkan udara bertekanan tertentu.

Jika dalam hidrolik kita menemukan pengapilkasian Hukum Pascal, nah dalam sistem pneumatik juga memanfaatkan beberapa Hukum Aeromekanika yang menentukan keadaan keseimbangan gas dan uap (khususnya udara atmosfir) dengan adanya gaya-gaya luar (aerostatika) dan teori aliran (aerodinamika).

Perlu diketahui, sistem pneumatik ini sangat bergantung dengan komponen kompresor agar dapat menghasilkan udara bertekanan yang kemudian menjadi media kerja. Normalnya, udara yang dibutuhkan untuk tersedot atau terhisap oleh kompresor kisaran 6 – 9 bar saja.

Setelahnya, udara yang sudah dikompresi akan dikeringkan dengan air dryer sehingga mencapai silinder kerja. Dalam silinder inilah udara yang akan menghasilkan gerakan sehingga mesin dapat bekerja optimal.

Pengaplikasian Sistem Pneumatik

Dibandingkan dengan sistem hidrolik, nyatanya pneumatik hanya membutuhkan tekanan kerja yang relatif lebih kecil kisaran 550-690 KPa. Sehingga tidak mengherankan jika daya yang dihasilkan pun lebih kecil dari sistem hidrolik. Sistem ini sangat mudah ditemukan diberbagai sektor seperti bidang kesehatan, konstruksi, pertambangan, bahkan hingga alat hidrolik cuci mobil.

Kesimpulan

Baik mesin berbasis hidrolik maupun pneumatik, keduanya sama-sama memberikan keunggulan tersendiri yang harus disesuaikan pengguna dalam kebutuhan perusahaan. Bagi Anda yang membutuhkan daya lebih besar, maka pilihlah sistem hydraulic. Namun sebaliknya jika hanya membutuhkan daya yang minim atau sedang-sedang saja, pneumatik solusinya.

Demikian ulasan diatas. Semoga dengan hadirnya penjelasan tentang perbedaan dasar antara pneumatik dan hidrolik ini dapat memudahkan Anda dalam memahami jenis sistem penggerak yang sedang populer.

Butuh supplier hydraulic system lengkap? Klik disini. Tersedia juga layanan instalasi, servis hingga konsultasi perbaikan mesin Anda.

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Apa yang bisa kami bantu ?

×