Kami adalah perusahaan nasional yang berpengalaman hampir 40 tahun dalam konsultasi, jasa, perencanaan dan penyediaan untuk hydraulic.

Kontak
tips pakai excavator

bannerlayanan

Bagaimana tips pakai excavator agar lebih aman dan nyaman ketika digunakan? Selengkapnya silahkan simak tipsnya pada pembahasan berikut ini.

Siapa yag tidak kenal dengan jenis alat berat yang satu ini?

bannerlayanan

Excavator atau Beko maupun Bego merupakan salah satu alat berat yang berfungsi sebagai pengeruk. Biasanya excavator mudah ditemukan pada pekerjaan proyek konstruksi, perairan, perhutnanan, hingga pertambangan. Namun hal nya untuk menjadi pengguna atau operator yang handal memang dibutuhkan skill yang cukup matang hingga mengetahui tips aman dalam mengoperasikan excavator.

Selain mengetahui skill teknis tata cara pengoperasian unit excavator, nyatanya itu saja belum cukup. Dalam pengoperasian ekskavator banyak hal dan aspek yang harus diperhatikan, mulai dari keterampilan dan skill operator, prosedur pengoperasian alat, aspek keselamatan kerja (K3), aspek perawatan dan troubleshooting.

Pentingnya Mengetahui Tips Pakai Excavator

Pada dasarnya, alat berat jenis apapun memiliki resiko yang cukup tinggi hingga berpotensii menimbulkan kecelakaan kerja jika pengguna gagal mengoperasikan excavator dengan semestinya.

Oleh sebab itu, dalam pengoperasiannya harus melalui prosedur-prosedur yang telah ditetapkan, baik oleh perusahaan yang membuat alat maupun oleh perusahaan pengguna ekskavator itu sendiri. Hal ini bertujuan agar unit tetap terjaga dalam kondisi optimal serta terhindar dari kerusakan akibat kesalahan teknis si pengguna.

Tips Pakai Excavator

Umumnya dalam menggunakan excavator, pengguna harus mengetahui tiga ranah pakai yakni sebelum mengoperasikan, selama mengoperasikan, dan sesudah mengoperasikan unit. Kira-kira apa saja yang dimaksud? Berikut tipsnya hadir untuk Anda ;

A. Sebelum Mengoperasikan Excavator

  1. Periksa kondisi dan kelayakan alat sesuai dengan formulir pemeriksaan yang sudah dipersiapkan. Segera laporkan apabila terdapat kerusakan pada ekskavator dan lakukan perbaikan bila diperlukan.
  2. Atur tempat duduk sesuai dengan ukuran tubuh dan gunakan sabuk pengaman selama berada dalam kabin.
  3. Atur kaca spion sesuai dengan sudut pandang operator.
  4. Hidupkan mesin. Biarkan mesin dalam putaran rendah selama kurang lebih 5 menit untuk pemanasan.
  5. Pahami prosedur kerja dan situasi area kerja.
  6. Pastikan pekerja lain tidak berada di area kerja atau berada di area yang aman.
  7. Pastikan tuas kontrol beroperasi dengan benar.
  8. Periksa sistem propel. Lebih baik melakukan ini sebelum beroperasi sehingga Anda dapat mencegah kecelakaan saat bekerja.

B. Selama Mengoperasikan Excavator

  1. Periksa sekitar area kerja, terutama kemungkinan adanya pekerja lain atau alat berat lain dan bunyikan klakson sebagai tanda alat akan bergerak.
  2. Tekan pedal rem, lepaskan rem parkir (emergency brake).
  3. Naikkan blade/bucket/boom/arm.
  4. Jangan pernah mencoba mengoperasikan ekskavator kecuali Anda duduk di kursi dan dalam kontrol penuh.
  5. Kurangi kecepatan ekskavator saat bekerja di medan yang kasar atau di area yang padat.
  6. Saat memindahkan ekskavator di sekitar lokasi kerja, pilih rute yang serata mungkin.
  7. Arahkan mesin selurus mungkin dan lakukan sedikit perubahan arah secara bertahap saat belokan diperlukan.
  8. Saat mendorong ke atas lereng, boom dan lengan harus diperpanjang dengan ember diangkut rendah dan digulirkan. Ini akan memungkinkan Anda untuk menjatuhkan ember dan mencegah peralatan agar tidak tergelincir.
  9. Untuk stabilitas yang lebih baik, gunakan motor propel di bagian belakang alat berat.

C. Sesudah Mengoperasikan Excavator

  1. Pastikan ekskavator diparkir pada tempat yang aman dan rata/datar.
  2. Letakkan dengan aman attachment (blade, bucket, boom, arm, vessel).
  3. Pasang rem parkir (emergency brake).
  4. Dinginkanlah mesin dengan cara membiarkan mesin pada putaran rendah (low idle) selama ± 5 menit.
  5. Kunci kontak pada posisi OFF (cummins engine) dan tarik cut off fuel.
  6. Letakkanlah tongkat pengontrol bahan bakar pada posisi mesin mati, putar kunci kontak pada posisi OFF bagi mesin yang gasnya memakai tongkat atau kabel kontrol.
  7. Hindari tindakan mematikan mesin secara mendadak tanpa low idle terlebih dahulu, kecuali dalam keadaan darurat jangan menaikkan putaran tiba-tiba waktu akan mematikan mesin.
  8. Periksa kembali semua sistem pengaman dan pastikanlah telah dalam keadaan aman, cabut kunci kontak dan serahkan kepada pengawas sebagai tanda berakhirnya tugas operator dalam suatu waktu yang telah ditentukan.

Nah itulah ulasan bermanfaat seputar keselamatan alat kerja. Dengan mengetahui tips pakai excavator yang benar, maka dapat mengurangi potensi kecelakaan area kerja. Semoga bermanfaat..

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Apa yang bisa kami bantu ?

×