Kami adalah perusahaan nasional yang berpengalaman hampir 40 tahun dalam konsultasi, jasa, perencanaan dan penyediaan untuk hydraulic.

Kontak
tujuan perawatan mesin

bannerlayanan

Masih anggap spele tujuan perawatan mesin industri? Hati-hati jika tidak ingin berdampak mesin rusak hingga berujung memanggil servis terdekat.

Sebagus apapun mesin yang digunakan, indikasi atau gejala kerusakan tidak dapat dihindari sebab pemakaian terus-menerus. Maka dari itu, terciptalah berbagai jenis perawatan mesin industri dengan tujuan yang sama, yakni untuk memelihara performa mesin agar tidak mudah mengalami kerusakan yang dapat mengganggu produktivitas suatu perusahaan.

bannerlayanan

Tujuan Perawatan Mesin Industri

Tugas utama dari perawatan mesin industri adalah untuk melakukan pemeliharaan, perbaikan dari alat-alat, peralatan, mesin dan perlengkapanya serta semua unit yang berhubungan dengan proses produksi atau kegiatan dengan penggunaan sarana prasarana tersebut.

Selain itu, hadirnya perawatan juga bertujuan untuk memelihara alat-alat, kelancaran pemakaian alat-alat produksi/mesin perkakas dan perlengkapannya, keamanan instalasi, efisiensi dari beberapa unit produksi, memperpanjang umur teknis mesin gedung, alat-alat lain.

Perawatan yang tepat dilakukan secara berkala atau terjadwal maka dapat menciptakan kondisi kerja sebaik-baiknya, sekaligus mempertahankan kondisi sarana dalam perawatan seperti peralatan, unit mesin dan perlengkapan lainnya agar pelaksanaan kegiatan produksi dan keamanannya, perlidungan dari bagian-bagian yang berbahaya terjamin lancar.

Jika dirangkum, berikut lima tujuan dari perawatan mesin industri, diantaranya;

1. Memperpanjang umur penggunaan mesin
2. Menjamin ketersediaan optimum peralatan yang dipasang untuk produksi dan
dapat diperoleh laba yang maksimum.
3. Menjamin kesiapan operasional dari seluruh peralatan yang diperlukan dalam keadaan darurat setiap waktu.
4. Menjamin keselamatan pengguna mesin

5. Menjamin kondisi spare parts mesin dalam keadaan baik dengan pergantian atau perawatan berkala

5 Tips Perawatan Mesin Industri

Terkait dengan tujuan perawatan mesin, beberapa kegiatan tersebut meliputi :

  1. Perawatan peralatan dan perlengkapan
  2. Penggantian dan distribusi dari utilitas
  3. Inspeksi dan pelumasan

Berikut ini Mekanik Hydro hadirkan beberapa tips ataun panduan sederhana dalam melakukan perawatan mesin industri, diantaranya sebagai berikut;

1. Catat logbook harian

Agar rekam jejak aktivitas operasional mesin dapat terbaca dengan jelas, maka dibutuhkan pencatatan logbook harian. Semakin ebrkembangnya teknologi kini pencatatan logbook dapat dilakukan melalui GPS. Perangkat akan melacak gerakan dan mencatatnya dalam catatan digital, dengan demikian masalah dapat diketahui lebih awal dan kerusakan dapat dicegah.

2. Patuhi jadwal pemeliharaan secara rutin

Setiap komponen mesin sudah pasti memiliki life time yang berbeda, belum lagi kendati rusak leboh cepat akibat pemakaian yang terlalu terforsir sehingga kerusakan tidak dapat dihindarkan. Untuk itu, cobalah mengganti setiap komponen sesuai jadwal yang sudah dibuat dan harus dilakukan oleh teknisi yang berpengetahuan.

3. Frekuensi pelumasan dan kebersihan mesin

Baik alat berat maupun mesin industri, keduanya tidak dapat dijauhkan dari kontaminasi akibat kotoran berlebih pada lingkungan area mesin. Oleh sebab itu, sangat diperlukan upaya untuk mencegah korosi salah satunya beberapa komponen terutama bagian yang bergerak dalam mesin harus sering dilumasi.

4. Pemeriksaan dan pemantauan spare parts

Perlu diketahui, dengan melakukan pemeriksaan komponen secara visual secara rutin berkala dapat mencegah kerusakan pada mesin. Komponen yang harus diganti lebih cepat mungkin menandakan masalah yang lebih besar yang perlu didiagnosis salah satunya selang hidrolik.

5. Melindungi peralatan selama penyimpanan

Perawatan tidak hanya sekedar mematau dan memperbaiki, namun juga soal penyimpanan. Oleh sebab itu, mesin sebaiknya disimpan dibawah penutup dimanapun yang memungkinkan setidaknya sejuk dari paparan sinar matahari. Selain itu, mesin motor, turbin, mixer dan peralatan lainnya harus dirotasi sesering mungkin. Jangan lupa untuk periksa karat mesin yang sedang idle, kondensasi dan kontaminasi.

Butuh layanan jasa perawatan mesin hidrolik baik untuk kebutuhan mesin industri maupun alat berat pertambangan hingga konstruksi?

Hubungi kami sekarang melalui email ke [email protected] atau whatsapp 08-111-77633.

Nah itulah ulasan seputar tujuan perawatan mesin serta tipsnya. Semoga bermanfaat..

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Apa yang bisa kami bantu ?

×