Kami adalah perusahaan nasional yang berpengalaman hampir 40 tahun dalam konsultasi, jasa, perencanaan dan penyediaan untuk hydraulic.

Kontak
cara membersihkan mesin alat berat

bannerlayanan

Kini tidak susah lagi, nikmati mudahnya cara membersihkan mesin alat berat tanpa ribet yang dapat anda lakukan khususnya bagi pemula.

Sama seperti hal nya kendaraan pribadi, alat berat tentu membutuhkan perawatan mesin alat berat secara berkala salah satunya membersihkan dari kotoran membandel seperti tanah, lumpur, pasir, kerikil, dan lainnya. Dengan demikian, mesin dapat bertahan lebih lama serta meminimalisir peluang kerusakan.

bannerlayanan

Sebab ukurannya yang cukup besar dan lebar, tidak jarang banyak pengguna yang mengeluhkan cara membersihkan dengan praktis tanpa memakan waktu terlalu lama. Terlebih lagi ketika kondisi mesin berat beroperasi di wilayah operasional tambang yang lekat tanah serta pasir, maka rasanya membutuhkan waktu yang lebih panjang.

Cara Membersihkan Mesin Alat Berat

Pada dasarnya, dalam membersihkan alat berat anda dapat melakukan sendiri atau juga dengan meminta bantuan profesional yang tentunya dengan biaya yang lumayan. Nah, ketika memilih jalur instan menyewa jasa secara terus menerus tentu pengeluaran mesin semakin membengkak.

Berikut cara yang dapat anda lakukan secara mudah tanpa ribet

1. Menggunakan power wash (high pressure cleaner)

Tidak ada cara lain selain menggunakan power wash atau high pressure cleaner. High pressure cleaner adalah cara membersihkan dengan menggunakan air yang didorong dengan tekanan yang tinggi. Membersihkan dengan air bertekanan tinggi ini biasa dilakukan untuk membersihkan tidak hanya alat berat namun juga motor, mobil, teras rumah.

2. Menggunakan air hangat

Masih menggunakan air dingin?

Perlu diketahui, mematikan kotoran dan minyak dengan air dingin membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai hasil yang optimal. Selain itu juga lebih boros dalam menggunakan lebih banyak degreaser dan sabun.

Nyatanya membersihkan body alat berat dengan menggunakan air hangat memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan pembersihan air dingin. Hal ini dikarenakan air panas itu sendiri sejenis deterjen, yang artinya dapat memecah kotoran, minyak dan minyak dengan sendirinya.

3. Menggunakan sabun

Bukan sembarang sabun, pastikan anda menggunakan sabun khusus bertekanan tinggi yang memiliki formula khusus membersihkan secara menyeluruh. Gunakan sesuai takaran yang dianjurkan. Sabun ini dapat ditemukan dengan mudah di toko terdekat.

Ini Tipsnya

  • Ketika membersihkan alat berat, sebaiknya arahkan selang secara tepat pada bagian dari alat berat yang akan dibersihkan. Biasanya adalah tempat di mana biasanya banyak debu menempel seperti di bagian bawah alat berat.
  • Selain itu, anda dapat mencampurkan sabun dengan air untuk mendapatkan busa yang berguna membersihkan debu dengan lebih efektif. Namun perlu diingat, bersihkan bekas busa ini secara benar agar tidak tertinggal dan menempel di alat berat yang justru menyebabkan korosi secara perlahan.
  • Namun hati-hati, jangan sampai air yang digunakan terlalu panas karena justru akan merusak permukaan alat berat tersebut.

Sekian tips bermanfaat seputar cara membersihkan mesin alat berat dengan mudah tanpa ribet. Semoga dapat menjadi rujukan terpercaya Anda !!

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Apa yang bisa kami bantu ?

×