Kami adalah perusahaan nasional yang berpengalaman hampir 40 tahun dalam konsultasi, jasa, perencanaan dan penyediaan untuk hydraulic.

Kontak
cara merawat mesin pabrik

bannerlayanan

Agar mesin pabrik tetap beroperasi dengan prima di setiap waktu, pastikan Anda mengetahui cara merawat mesin pabrik yang tepat dan benar berikut ini.

Bagi pengguna pabrik skala besar dalam hal nya menghasilkan produk, sudah pasti menggunakan mesin industri untuk mendukung pekerjaan menjadi lebih efisien. Mesin industri merupakan alat yang dipergunakan untuk melakukan pemrosesan atau pengolahan berbagai jenis bahan mentah hingga bisa menjadi berbagai jenis barang jadi.

bannerlayanan

Oleh sebab itu, sangat penting bagi pengguna untuk memastikan mesin pabrik dapat berjalan dengan lancar serta optimal tanpa kerusakan menganggu.

Tujuan Merawat Mesin Pabrik

Perlu diketahui, nyatanya perawatan mesin industri atau pabrik merupakan bagian dari SOP yang berlaku. Maka dari itu, perawatan mesin bertujuan untuk menyelenggarakan teknik-teknik pemeliharaan dan perlindungan dari segala macam kegiatan produksi, non produksi  yang ada dalam suatu pabrik.

Dengan demikian, perawatan bermaksud untuk memelihara berbagai peralatan, kelancaran pemakaian alat-alat dan pengkapan, keamanan instalasi, efisiensi nesin, memperpanjang umur teknis mesin gedung, alat-alat lain, kondisi kerja sebaik-baiknya, sekaligus mempertahankan kondisi sarana dalam perawatan.

Jenis Perawatan Mesin Pabrik

Secara umum, kegiatan perawatan pada mesin pabrik atau industri dapat dibedakan yaitu:

1. Perawatan rutin

Kegiatan yang harus dilakukan setiap hari dan sifatnya terus menerus dan sistematis.

2. Perawatan periodic

Perawatan yang dilakukan pada jarak waktu tertentu dan harus dilakukan rutin dan sistematis pula.

3. Perawatan berencana

Tindakan perawatan yang dilakukan atas dasar perencanaan sebelumnya sehingga segala sesuatu berjalan lancar dalam waktu singkat.

4. Perawatan pencegahan

Pekerjaan yang dilakukan sebelum fasilitas mengalami kerusakan, jadi tindakan/pekerjaan perawatan ini semata-mata telah direncanakan sebelumnya.

5. Tindakan perbaikan

Perbaikan setelah mesin mengalami kerusakan, karena alat-alat yang di pakai dalam perbaikan ini telah siap sebelumnya maka kegiatan tersebut termasuk kategori perawatan. Perbaikan besar dalam rangka mengembalikan kondisi standard suatu mesin yang tingkat kerusakannya telah total.

Cara Merawat Mesin Pabrik

Lalu, bagaimana caranya?

Penjelasan selengkapnya berikut ini ;

1. Pergantian dan distribusi utilitas

Pergantian atau distribusi utilitas yang dimaksud ialah power supply dan distribusinya. Sebab mesin perkakas digerakkan oleh electromotor yang menggunakan sumber daya listrik.

Dalam proses pemeliharaan dan perbaikan terdapat pengelompokan kerja yaitu ;

-Bagian perbaikan & pemeliharaan mekanik,

-Bagian pemeliharaan & perbaikan kelistrikan.

Maka dari itu, pergantian utilitas yang tercakup antara lain; distribusi air pendingin, komponen, pelumas (oli). Kebanyakan hanya terlibat pekerjaan utilitas ini dan untuk menjamin kelancaran bekerja, akan lebih baik distribusi dan pergantian dari utilitas ini ditangani oleh bagian perawatan.

2. Perawatan peralatan & perlengkapan

Pada proses perawatan terdapat kegiatan perawatan singkat yang menguntungkan, baik dipandang dari segi institusi, perusahaan maupun petugas pelaksana.

Namun, pada proses perawatan singkat diperlukan pencatatan dari komponen yang mengalami kerusakan sebagai dokumentasi dan sebagai pedoman untuk perencanaan perbaikan di waktu yang akan datang.

3. Inspeksi dan pelumasan

Kegiatan inspeksi adalah kegiatan dalam mencari data teknik untuk meningkatkan kinerja dalam perawatan. Sementara itu, kegiatan pelumasan merupakan tindakan pencegahan untuk mencegah terjadinya keausan pada komponen yang saling bergesekan serta bagian yang memerlukan suhu yang konstan. Jadi, apabila oli pelumas tidak dikontrol maka mesin akan cepat rusak sebelum waktunya.

4. Buat logbook

Pentingnya menggunakan logbook harian guna memantau aktivitas operasional mesin sehari-hari. Canggihnya, kini mengawasi operasi mesin dapat dilakukan melalui GPS. Perangkat yang terkoneksi akan melacak gerakan dan mencatatnya dalam catatan digital. Dengan demikian masalah dapat diketahui lebih awal dan kerusakan dapat dicegah lebih dini.

5. Patuhi jadwal pemeliharaan

Setiap pemeliharaan atau perawatan memang terdiri dari cakupan harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan. Sebelum mendapati adanya komponen mesin yang tidak berfungsi optimal akibat pemakain memang tidak bisa dihindari, maka cobalah mengganti setiap komponen sesuai jadwal yang sudah dibuat dan harus dilakukan oleh teknisi yang berpengetahuan tanpa menunggu rusak.

Demikian tips dalam mengatasi cara merawat mesin pabrik. Jika membutuhkan perawatan service mesin pabrik hydraulic system mesin pabrik, hubungi layanan kami melalui [email protected]

Semoga bermanfaat !!

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Apa yang bisa kami bantu ?

×