Kami adalah perusahaan nasional yang berpengalaman hampir 40 tahun dalam konsultasi, jasa, perencanaan dan penyediaan untuk hydraulic.

Contacts
cat alat berat

Sebelum memulai aktivitas cat alat berat anda, sebaiknya wajib perhatikan lima hal penting berikut ini agar tidak menyesal di kemudian hari. Nah selengkapnya mari simak berikut ini.

Seiring dengan penggunaan hingga cuaca yang silih berganti, alat berat dapat mengalami pengelupasan cat sehingga lambat laun besi menjadi terkikis karena karat. Jika semakin terkikis, maka ketahanan material menjadi berkurang hingga mempengaruhi kinerja alat berat tersebut.

Oleh sebab itu, pengecataan alat berat merupakan opsi terbaik untuk mencegah karat pada besi. Nah pada umumnya anda dapat menggunakan jasa terdekat atau melakukan pengecatan alat berat sendiri.

5 Hal Sebelum Cat Alat Berat

Berikut ini setidaknya perhatikan lima hal penting sebelum memulai pengecatan alat berat.

1. Memilih jenis cat yang tepat

Dalam hal nya memilih cat berkualitas tinggi, persiapan adalah kuncinya. Memang banyak cat rentang murah hingga mahal dengan masing-masing kualitas yang berbeda. Ingat, jangan hanya mengutamakan tampilan menarik namun kualitas cat justru tidak dapat bertahan lama. Jika anda bingung, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi mengenai pemilihan cat untuk alat berat yang paling tepat.

Baca juga : Catat Jadwal Perawatan Bulldozer Berikut Ini

2. Membersihkan permukaan mesin

Sebelum memulai pekerjaan Anda, hal yang paling utama yakni membersihkan semua permukaan untuk menghilangkan debu, lilin, minyak atau residu, dan menghilangkan noda atau ketidaksempurnaan. Selain itu, juga tidak kalah penting yakni melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk memastikan tidak ada kesalahan atau kerusakan yang memerlukan perbaikan.

3. Lakukan pengamplasan

Cobalah cek permukaan yang hendak di cat, apakah memiliki permukaan yang tidak rata?

Jika iya maka sebaiknya lakukan pengamplasan terlebih dahulu untuk memastikan permukaan menjadi halus dan siap dilapisi cat primer.
Misalnya, aluminium membutuhkan etsa asam dan lapisan konversi kromat, sedangkan baja mentah membutuhkan ledakan abrasif kelas 2.5.

4. Pengaturan Jigging & Booth

Untuk tahap ini, sebaiknya lakukan dengan hati-hati sebab jika dilakukan dengan tidak benar, Anda dapat merusak barang yang dicat atau meninggalkan bekas Mantel Primer. Setelah memulai dijig, selanjutnya anda dapat mulai dengan primer yang membantu cat merekat dan menempel pada permukaan.

Perlu diingat, seluruh produk cat umumnya bergantung pada cuaca jadi sebaiknya anda perlu mengukur suhu dan kelembapan pada area lingkup pengecatan. Serta jangan lupa urutan pengerjaan lapisan, dan proses aplikasi berlangsung dengan baik untuk memastikan lapisan pelindung menghasilkan warna dan kinerja terbaik.

5. Diamkan hingga benar-benar kering

Setelah selesai mengecat seluruh permukaan, nah kini sebaiknya diamkan unit hingga benar-benar kering. Hal ini bertujuan agar lapisan cat dapat menempel dengan sempurna ke permukaan. Mungkin hingga 1 x 24 jam. Jadi jangan terburu-buru untuk langsung menggunakan alat berat sampai benar-benar kering secara keseluruhan.

Nah itulah ulasan tips tentang hal yang perlu diperhatikan sebelum cat alat berat. Semoga dapat menjadi wawasan edukasi bermanfaat untuk Anda..

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Apa yang bisa kami bantu ?

×