Kami adalah perusahaan nasional yang berpengalaman hampir 40 tahun dalam konsultasi, jasa, perencanaan dan penyediaan untuk hydraulic.

Kontak
menyalakan alat berat

bannerlayanan

Sebelum memulai aktivitas, sebaiknya simak beberapa tips menyalakan alat berat agar aman yang patut Anda ketahui. Pada dasarnya, memang banyak cara yang dapat dilakukan dalam merawat alat berat milik pelanggan mulai dari pemeriksaan alat secara lengkap hingga pemeriksaan alat sederhana yang dapat dilakukan sehari hari.

Perawatan bertujuan untuk menjaga kondisi dan kerja alat berat tersebut supaya prima sesuai dengan spesifikasi dan kegunaannya. Dengan demikian, resiko kerusakan lebih cepat dapat terminimalisir dengan semestinya. Dalam cakupan perawatan alat berat pun dikelompokkan dalam harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan.

bannerlayanan

Selengkapnya cek cara perawatan mesin hidrolik disini.

Tips Menyalakan Alat Berat

Sebelum memulai menyalakan alat berat jenis apapun, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini agar aman dan menunjang keselamatan bersama ;

1. Pemeriksaan Keliling Unit

Merupakan pemeriksaan yang dilakukan di sekeliling bahkan pada bawah unit mesin. Hal ini cukup penting guna mengetahui beberapa kerusakan yang kemungkinan terlihat secara kasat mata. Adapun yang harus dilakukan antara lain ;

  • Mendeteksi kebocoran pada fluida

Seperti halnya air pendingin (coolant), bahan bakar (fuel) atau oli (oil). Serta penting untuk memastikan tidak ada fluida yang menetes disekitar mesin.

  • Memeriksa kekencangan baut

Sebab penggunaan mesin bertekanan tinggi hingga keteledoran pengguna, bisa saja indikasi baut atau mur dapat terlepas dengan sendirinya. Maka dari itu penting untuk inspeksi hal tersebut. Jika menemukan, sebaiknya segera kencangkan dengan tepat agar tidak mudah kendor kembali.

  • Memeriksa sistem hidrolik

Penting untuk melakukan pemeriksaan sistem hidrolik, seperti kondisi hose yang sudah getas, pompa, dan perlengkapan kerja lainnya.

Selain beberapa hal diatas, pemeriksaan keliling juga dapat dilakukan untuk memastikan mesin, radiator dan komponen lainnya terbebas dari debu atau kotoran yang dapat menyebabkan meningkatnya suhu temperatur hingga membahayakan kondisi mesin ketika digunakan.

2. Pemeriksaan Sebelum Menghidupkan Mesin

Setelah selesai tahap diatas, kini selanjutnya Anda perlu melakukan beberapa pemeriksaan lainnya sebelum menghidupkan mesin. Beberapa hal yang perlu dilakukan antara lain ;

  • Perhatikan indikator panel kabin dan pastikan semuanya menunjukkan normal
  • Periksa ketersediaan air coolant atau pendingin
  • Periksa ketersediaan bahan bakar
  • Periksa ketersediaan oli
  • Periksa brake pedal travel, dust indicator serta fungsi dari lampu penerangan, klakson dan backup suara alarm. Segera lakukan perbaikan jika diperlukan.

Kesimpulan

Meskipun perawatan sudah diupayakan semaksimal mungkin, namun hal ini tidak menutup terjadinya kemungkinanan kondisi mesin toubleshooting.

Oleh karena itu, ketika pengguna menemukan label tanda peringatan (warning tag) yang menggantung pada work equipment control lever didalam kabin, artinya mesin tersebut sedang tidak boleh untuk dioperasikan.

Hal ini sebaiknya segera informasikan hal ini kepada mekanik yang bertugas untuk dilakukan perbaikan. Jangan paksa mesin tetap beroperasi jika tidak ingin memicu kerusakan pada alat bertambah parah.

Demikian ulasan berbagai tips menyalakan alat berat diatas. Semoga dapat membantu dalam menjaga kondisi alat berat Anda selalu berada pada kondisi yang prima. Selamat mencoba !

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Apa yang bisa kami bantu ?

×