Kami adalah perusahaan nasional yang berpengalaman hampir 40 tahun dalam konsultasi, jasa, perencanaan dan penyediaan untuk hydraulic.

Kontak
mesin pabrik bising

bannerlayanan

Terkadang ada saja masalah spele mesin yang bisa berdampak bikin pengguna tidak nyaman, salah satunya mesin pabrik bising. Bagaimana cara mengatasinya? Lihat ulasan selengkapnya disini.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa berbagai mesin pabrik atau industri tidak terlepas dari gejala bising hingga terdengar di daerah umum. Meskipun kerap dianggap spele, namun nyatanya hal ini terkadang berbahaya bagi pekerja sehingga menyebabkan bahaya kesehatan dan keselamatan kerja. Maka dari itu, rasanya sangat penting untuk meninjau suara bising pada area pabrik.

bannerlayanan

Berapa Batas Suara Bising Mesin Pabrik ?

Selama siang hari, tingkat kebisingan di area lokasi pabrik tidak boleh melebihi dari 70 dBA. Pada malam hari, kebisingan harus berada di bawah 60 dBA. Selain menjaga lingkungan sekitar agar lebih kondusif, hal ini juga dapat menjaga kesehatan telinga terutama bagi para pekerja maupun pengguna mesin tersebut.

Mengetahui Sumber Bising Mesin

Kira-kira sudahkah Anda dapat menebak sumber bising yang dihasilkan oleh mesin?

Suara dihasilkan oleh getaran, atau karena sistem aerodinamis. Suara yang disebabkan getaran dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti:

  • Guncangan dan gesekan mekanis antara bagian-bagian mesin seperti palu, roda gigi berputar, bantalan, alat pemotong, dll.
  • Memindahkan bagian yang tidak seimbang
  • Getaran struktur besar dan berat

Lain halnya untuk kebisingan aerodinamis, hal ini disebabkan oleh aliran udara atau fluida melalui pipa, kipas angin, atau penurunan tekanan dalam sistem distribusi udara juga. Beberapa contoh sumber kebisingan dari aerodinamis adalah:

  • Uap dilepaskan melalui katup buang
  • Penggemar
  • Motor pembakaran
  • Pesawat jet
  • Aliran fluida turbulen melalui pipa

Tips Atasi Mesin Pabrik Bising

Untuk mengontrol kebisingan di tempat kerja dengan benar, berikut ini tipsnya ;

  1. Identifikasi sumber suara
  2. Identifikasi jalur kebisingan dari sumber ke para pekerja
  3. Tentukan tingkat suara setiap sumber
  4. Tentukan kontribusi relatif terhadap kebisingan berlebihan dari setiap sumber dan lanjutkan untuk memberi peringkat sumber yang sesuai. Sumber dominan harus selalu diprioritaskan dan dikendalikan terlebih dahulu untuk mendapatkan redaman kebisingan yang signifikan.
  5. Pahami batas paparan yang dapat diterima seperti yang tertulis dalam undang-undang kesehatan dan keselamatan dan temukan pengurangan suara yang diperlukan.
  6. Turunkan kecepatan putar kipas, atau mengurangi gaya tumbukan alat pemukul, dll.
  7. Tambahkan bahan peredam ke permukaan yang bergetar karena gaya mekanis dapat membantu mengurangi efek getaran juga, terutama untuk struktur yang tipis.
  8. Untuk mencegah kerusakan yang tidak diinginkan karena gesekan atau benturan, bahan peredam dapat terjepit di antara permukaan peralatan dan bahan lain yang tahan terhadap abrasi. Perawatan ini disebut perawatan lapisan kendala.
  9. Minimalkan celah pada pelindung mesin dan menutupinya dengan bahan penyerap akustik, mengganti bagian logam dengan bagian plastik jika memungkinkan, dan mengganti motor dengan yang lebih tenang.
  10. Minimalkan kecepatan fluida, meningkatkan diameter pipa atau meminimalkan turbulensi dengan memanfaatkan kipas berkecepatan besar dan rendah dengan pisau melengkung.
  11. Sebaiknya simpan peralatan berisik pada ruangan tertutup yang memiliki fitur akustik khusus seperti isolasi, kisi-kisi, atau penyegelan. Pemasangan penghalang akustik (panel penyerap suara) di tempat kerja, atau peredam suara di dalam saluran dan knalpot juga bekerja dengan baik dalam meredam kebisingan yang tidak diinginkan.

Mencegah Suara Mesin Pabrik Bising

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai upaya dalam mencegah bising, seperti ;

  1. Lakukan perawatan mesin pabrik rutin. Sebaiknya identifikasi dan mengganti bagian yang aus atau longgar, melumasi setiap bagian yang bergerak, dan memastikan bahwa peralatan yang berputar tidak kehilangan keseimbangan untuk menghindari kebisingan yang disebabkan oleh getaran.
  2. Mencegah suara bising dengan menambahkan bantalan pada permukaan reflektif dengan bahan penyerap suara sehingga tingkat kebisingan dapat dikurangi.
  3. Cara lainnya yakni Anda dapat mengatur peralatan di dalam ruangan agar tidak terlalu dekat dengan terlalu banyak struktur reflektif.

Kesimpulan

Suara bising hingga mengganggu merupakan salah satu hal yang cukup menganggu terutama bagi pengguna mesin. Agar tidak terjadi berkelanjutan, sebaiknya snagat disarankan untuk mengidentifikasi sumber suara pada tempat kerja agar dapat menemukan cara yang tepatuntuk menyelesaikan masalah kebisingan sesuai dengan batas paparan yang ditetapkan dalam undang-undang kesehatan dan keselamatan yang diterbitkan oleh otoritas lokal.

Demikian ulasan bermanfaat seputar mengatasi mesin pabrik bising. Semoga bermanfaat..

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Apa yang bisa kami bantu ?

×